oleh

BPOM Temukan 6 Makanan Mengandung Zat Berbahaya di Pasar Pandeglang

Kabar6- Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Serang menemukan sejumlah bahan makanan di Pasar Badak Pandeglang, mengandung zat berbahaya. Sebanyak 26 sampel makanan diuji oleh tim pengawas dari BPOM.

Hasilnya, enam jenis makanan diduga mengandung bahan berbahaya seperti Rhodamin B dan Formalin. Dua kandungan itu terdapat dijenis makanan cincau, terasi, mie, dan tahu.

Kepala BPOM Serang, Faizal Mustofa Kamil mengatakan, enam jenis makanan yang diuji menunjukkan adanya kandungan zat berbahaya.

Untuk memastikan zat apa saja yang terkandung dalam makanan tersebut, pihaknya akan membawa ke kantor BPOM untuk dilakukan uji laboratorium lebih mendalam.

“Namun untuk memastikan zat apa saja yang terkandung dalam makanan tersebut, kita akan membawa ke kantor BPOM untuk dilakukan uji laboratorium lebih mendalam,” katanya usai monitoring, Selasa (7/5/2019).

**Baca juga: Pengedar Uang Palsu Ditangkap Polisi Saat Beroperasi di Cilegon.

Setelah ditemukan makanan mengandung zat berbahaya, para pedagang telah diberi pembinaan. Bahkan BPOM juga akan menelusuri produsen dari produk-produk itu.

BPOM pun mengingatkan masyarakat agar lebih berhati-hati dalam memilih makanan. Apalagi dalam momentum bulan puasa, diakuinya peredaran makanan yang mengandung zat berbahaya cenderung meningkat. (Aep)

Berita Terbaru