oleh

BPKAD Tangsel Klaim Serapan APBD Baru 20 Persen Termasuk Cepat

Kabar6-APBD 2021 Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sebanyak Rp 3,2 triliun. Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Warman Syanudin mengklaim serapan baru 20 persen itu sudah tergolong cepat.

“Uang yang di OPD kan besar juga yang belum di SPJ-kan. Yang sudah di SPJ Kan baru 20 persen,” katanya, Kamis (6/5/2021).

Ia jelaskan, setiap Organisasi Perangkat Daerah diberikan uang persediaan (UP) yang dananya sudah di masing-masing instansi. Pertama itu tinggal belanja-belanja. Sedankan yang kedua terkait dengan pelelangan ini baru dimulai.

“Bagaimana pembangunan kan dilelang, kita kan bayar setelah selesai dilaksanakan. Jadi kan enggak mungkin bayar sebelum pelaksanaan diselesaikan,” ujar Warman.

Menurutnya, alokasi 20 persen anggaran yang terserap untuk belanja pegawai. Sementara sisa dana belum terserap adalah biaya pengadaan barang dan jasa yang harus dilelang.

**Baca juga: Varian Baru Covid-19 Ditemukan di Banten

“Kita menunggu pelaksanaan selesai baru pembayaran. Target mah dalam tahun ini harus selesai, kan tergantung lelang pelaksanaannya,” jelasnya.

“Jadi kemarin kenapa baru 20 persen juga karena menyesuaikan anggaran dengan recofusing. Enggak ada kendala cuma kan tadi namanya pembayaran realisasi harus setelah dilaksanakan itu yang membuat baru 20 persen,” Warman menambahkan.(yud)

Berita Terbaru