oleh

BPBD Lebak: 93 Rumah dan Sejumlah Fasum Rusak akibat Puting Beliung

Kabar6-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak mencatat, 93 unit rumah warga rusak akibat bencana puting beliung di Gunungkencana, pada Senin (9/5/2022).

Selain puluhan rumah, puting beliung juga merusak sejumlah fasilitas umum seperti majelis taklim, sekolah dasar, puskesmas, gedung PGRI dan bekas kantor UPTD Dinas PUPR Lebak.

“Data ini masih sementara, nanti di-update setelah selesai by name by address oleh teman-teman muspika dan desa,” kata Kepala BPBD Lebak, Febby Rizki Pratama saat dihubungi Kabar6.com, Selasa (10/5/2022).

Febby mengatakan, puluhan rumah warga yang terdampak puting beliung berada di Kampung Dederan RT 007 RW 003, Kampung Lebak Siuh RT 008 RW 004 Desa Gunungkencana dan Kampung Cilutung RT 001 RW 001 Desa Sukanegara.

“Ada 1 orang berusia 65 tahun memang sempat dirawat di puskesmas setempat karena kaget dan punya riwayat penyakit jantung, tetapi sekarang kondisinya sudah pulang ke rumah,” ujar Febby.

**Baca juga: Besok, Puluhan PKL Sunan Kalijaga Ditertibkan

Diperkirakan, kerugian akibat bencana tersebut sekitar Rp800 juta. BPBD, TNI, Polri, beserta Muspika Gunungkencana mendistribusikan bantuan kedaruratan korban.

Karena kondisi masih mungkin turun hujan, kami akan memasang terpal di rumah masyarakat terdampak yang bocor,” terang Febby.(Nda)