oleh

BP3TKI Targetkan Serap 600 Tenaga Kerja di Lebak

Kabar6-Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Serang menggelar bursa kerja selama tiga hari di Kabupaten Lebak. Selain itu dipamerkan pula produk-produk karya dari para TKI purna.

“Mudah-mudahan minimal selama tiga hari pelaksanaan bisa (rekrut) 600 (pencari kerja). Tetapi kembali ke calon pekerja, karena kualifikasi persyaratan untuk bekerja ke luar negeri punya syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Nah ini kadang bisa jadi kendala untuk calon tenaga migran,” kata Kepala BP3TKI Serang, Ade Kusnadi, Rabu (19/12/2018).

Ade menerangkan lowongan pekerjaan terdiri dari beberapa perusahaan dari dalam dan luar negeri seperti Korea, Taiwan, Hongkong, Malaysia dan Timur Tengah.**Baca Juga: Panwascam Pandeglang Ajak Masyarakat Awasi Pelanggaran Pemilu.

“Lowongannya bidang formal untuk perusahaan, bukan untuk rumah tangga atau informal. Mulai tahun 2015 ke Timur Tengah semua negara sudah moratorium untuk penata laksana rumah tangga, tetapi kalau formal seperti di perusahaan, toko, rumah sakit itu terbuka. Intinya ke Timur Tengah hanya untuk PRT saja yang tutup, untuk yang lain terbuka,” paparnya.

Melalui bursa kerja, Ade berharap dapat memberikan informasi mengenai penempatan perlindungan TKI ke luar negeri dan peluang-peluang yang dikerjasamakan dengan perusahaan-perusahaan yang menempatkan pekerja migran.(Nda)

Berita Terbaru