oleh

Bolehkan Mandi Saat Tubuh Berkeringat?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Setelah melakukan kegiatan fisik di bawah sinar matahari, terkadang Anda merasa bau dan kotor, sehingga tidak sabar untuk segera mandi agar tubuh menjadi segar sekaligus bersih.

Namun bolehkan mandi saat tubuh masih berkeringat? Mungkin Anda sering mendengar bahwa mandi saat berkeringat dapat menyebabkan munculnya bercak putih di badan. Benarkah hal itu berkaitan saling berkaitan?

Pada saat kita mandi, dikutip dari Klik Dokter, sejumlah keringat, minyak, dan kotoran yang ada di permukaan kulit akan terhapus. Dengan mandi maka kelembapan kulit akan menjadi berkurang, risiko terkena infeksi jamur juga akan menurun, dan kulit akan menjadi lebih segar sekaligus harum.

Mandi saat berkeringat sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal seperti menyesuaikan dengan kenyamanan, waktu, dan jenis kulit Anda. Bila Anda merasa nyaman setelah mandi, memiliki waktu lebih, dan kulit cenderung berminyak, tidak dilarang untuk mandi.

Sebaliknya, jika Anda tidak sempat mandi setelah banyak berkeringat atau kulit terasa kering, sebaiknya bawa handuk kecil atau bedak tabur untuk menjaga kulit tubuh yang sering berkeringat tetap kering sampai waktu mandi tiba. ** Baca juga: Begadang Juga Ada Aturannya, Lho

Hal yang perlu diingat, perhatikan frekuensi mandi agar tidak berlebihan dan jangan lupa untuk memilih jenis sabun yang sesuai kulit.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru