Bolehkah Konsumsi Telur Setiap Hari?

kabar6.com
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Makanan yang satu ini memang praktis dan lezat, sehingga banyak dipilih orang sebagai menu sarapan atau ‘teman’ nasi. Ya, telur sering dianggap sebagai ‘makanan super’ karena mengandung tinggi protein, vitamin, mineral dan asam lemak omega-3. Mengonsumsi satu telur ukuran besar setiap hari dapat menyediakan sekira 15 persen dari kebutuhan protein harian Anda.

Meskipun masing-masing telur mengandung 186 mg kolesterol atau lebih, melansir dokter.id, berdasarkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan telur setiap hari tidak akan meningkatkan risiko penyakit jantung pada orang sehat. Asupan telur harian Anda tergantung pada sejumlah faktor, termasuk jenis kelamin, riwayat kesehatan dan tingkat aktivitas.

Namun disarankan untuk makan sekira dua butir telur per hari karena telur berukuran besar mengandung 186 mg kolesterol atau lebih sedangkan batas kolesterol RDI adalah 300 mg untuk Anda yang sehat. Jadi untuk Anda yang memiliki kolesterol yang tinggi atau hiperkolesterolemia, sebaiknya tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi telur. ** Baca juga: Sebelum Berenang, Ada Beberapa Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari

Berapa banyak kalori yang ada di dalam telur? Hal ini tergantung pada ukuran telur dan bagaimana cara Anda memasaknya. Satu buah telur ukuran besar tanpa bumbu tambahan mengandung 70 kalori. ** Baca juga: Europixpro Door, Produk Anak Negeri Berkualitas Dunia

Disarankan untuk berhati-hati saat menambah saus dalam telur Anda, karena hal tersebut akan meningkatkan kadar kalori telur tersebut. Telur goreng dan telur orak arik biasanya mengandung sekira 90-95 kalori tanpa bumbu.(ilj/bbs)