oleh

Boleh Konsumsi Gorengan Saat Diet Asalkan…

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Aneka makanan atau camilan yang digoreng merupakan salah satu godaan terbesar untuk Anda yang sedang menjalani program diet. Dengan kata lain, gorengan dianggap sebagai musuh besar mereka.

Namun apakah Anda benar-benar tidak boleh mengonsumsi gorengan? Jawabannya tentu saja boleh. Cara terbaik untuk menikmati gorengan adalah pada saat makan siang. Alasannya, waktu beraktivitas setelah makan siang cenderung panjang, sehingga lebih mudah untuk menggunakan energi yang sudah dikonsumsi.

Namun bagaimana jika keinginan makan gorengan ini muncul pada saat makan malam? Dikutip Beautynesia, usahakan paling lambat mengonsumsi gorengan sebelum pukul 19.00.
Hal itu karena masih terdapat jeda waktu beberapa jam sebelum tidur untuk penyerapan makanan sehingga tergolong aman. Namun kebiasaan itu sebaiknya tidak dilakukan setiap hari. Batasi setidaknya 1-2 kali dalam seminggu.

Mengonsumsi makanan yang digoreng sendiri lebih sehat bila dibandingkan dengan makanan siap saji yang dijual di tempat umum, karena dapat meminimalisir proses oksidasi yang terjadi pada makanan.

Diketahui, makanan yang telah digoreng dan dibiarkan dalam jangka waktu tertentu akan teroksidasi sehingga kemungkinan untuk berubah menjadi lemak trans sangat tinggi. Saat menggoreng makanan di rumah, Anda disarankan untuk menggunakan minyak zaitun, karena proses oksidasi yang dihasilkan relatif kecil sehingga lebih sehat.

Ketika Anda benar-benar tidak bisa menahan diri untuk mengonsmsi gorengan saat makan malam, disarankan untuk mengurangi porsi makan, misalnya dengan memotong karbohidrat (nasi) menjadi setengah.

Namun jika makan dalam porsi normal atau bahkan lebih banyak, usahakan untuk memotong jumlah kalori pada keesokan harinya. Misalnya, malam ini menu makan malam adalah gorengan, keesokan harinya makanlah menu sayuran dan produk kedelai seperti tahu atau tempe. ** Baca juga: Tidak Sehat Jika Makan Siang Dilakukan Sambil Bekerja

Diet bukan berarti harus menyiksa diri. Anda hanya dituntut untuk lebih disiplin dan cerdas mengkombinasikan beragam makanan sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru