oleh

BNN Bongkar Narkoba Jenis Baru Beredar di Tangsel

Kepala‎ BNN Tangsel, AKBP Heri Istu Hariono.(yud)

Kabar6-Badan Narkotika Nasional (BNN) mengungkap peredaran narkoba jenis ‎4-Klorometkatinon (4-CMC). Narkoba cair yang terkenal dengan merk dagang “Blue Safir” dan “Snow White” itu rencananya akan dipasok ke tempat hiburan malam di kawasan Tangerang.

Total barang bukti 50 liter klorometkatinon itu diungkap merujuk informasi dari petugas Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Pada pengungkapan kasus narkotika 4-CMS ini, petugas mengamankan dua tersangka berinisial EPP alias Edi (50) dan Hdr (34).

‎”Ini kasus yang lama dilaporkan ke pusat,” kata Kepala‎ BNN Kota Tangsel, Ajun Komisaris Besar Heri Istu Hariono saat dihubungi kabar6.com, Kamis (2/2/2017).

Ia mengatakan, penyidikan terhadap peredaran minuman “Snow White” dan “Blue Safir” itu dilakukan sejak adanya kasus pria negro tewas di lokasi hiburan malam. Saksi mata mengakui, bahwa korban bertandang dan telah menenggak minuman tersebut.

“Kita kirim sampel ke BNN Pusat. Tapi karena saat itu aturannya belum ada kalau Blue Safir dan Snow White masuk dalam jenis narkoba sintetis senyawa,” ‎jelasnya.

Akhirnya, Heri sebutkan, kedua jenis minuman memabukan itu‎ dimasukan dalam kategori narkoba mengacu pada dasar hukum Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 2 Tahun 2017. Payung hukum tersebut resmi diterbitkan per 3 Januari 2017.**Baca juga: Ternyata, Airin Sudah Perintahkan Penutupan Karaoke Matador.

“Sekarang kan sudah ada dasar hukumnya sudah ada. Jadi nindaknya tepat,” sebutnya.**Baca juga: Belasan Pengunjung Karaoke di Tangsel Diduga Overdosis Miras SW.

Ditanya perihal langkah lanjut pihaknya atas dugaan masih maraknya peredaran Snow White dan Blue Safir di Kota Tangsel.‎ “Akan kita pantau lagi,”‎ singkatnya.**Baca juga: Beredar di Banten, Narkoba “Blue safir” Bisa Menewaskan.

Diketahui, upaya ‎pengungkapan distribusi Paket pertama berisi 25 liter katinon rencananya akan dikirim ke sebuah ruko di kawasan Boulevard Blok C 15, BSD, Kota Tangsel.**Baca juga: Air Mineral Berbakteri Masih Beredar di Tangerang.

Paket lainnya sebanyak 25 liter katinon dikirim ke sebuah ruko di kawasan Gading Serpong.(yud/cep)

Berita Terbaru