oleh

BMKG Ciputat: Hujan Akan Terus Mengguyur Sampai Akhir Agustus

Kabar6-Hujan lebat yang mengguyur hampir seluruh wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak dan Cainjur (Jabodetabekpuncur) sejak Minggu (21/7/2013), diperkirakan akan terus berlangsung untuk jangka waktu cukup lama.

Demikian disampaikan Kasubid Pelayanan Jasa, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah II Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Erna Elnansyah Elsye kepada kabar6.com ditemui di kantornya, Senin (22/7/2013).

“Cuaca seperti ini kemungkinan sampai akhir Agustus,” ujar Erna.

Erna menjelaskan, kondisi ini disebabkan karena masih tingginya suhu permukaan laut di perairan Indonesia. Suhu itu menyebabkan banyaknya uap air yang memicu terjadinya awan hujan.

Apalagi, menurut Erna, saat ini kondisinya dapat dilihat dari citra satelit pemancar. Angin yang berasal dari daerah tenggara ketika sudah sampai disekitar Pulau Jawa berbelok lagi.

“Adanya belokan angin ini menyebabkan turun hujan. Apalagi kita ada di sekitar sini yang terlihat terjadi pergolakan angin hingga menyebabkan hujan,” jelasnya sambil memperlihatkan arah gerak mata angin melalui satelite.

Erna menambahkan, prakiraan cuaca untuk wilayah Kota Tangsel dan sekitarnya di Tangerang untuk hari ini dan esok akan terjadi hujan ringan. Suhu udara berkisar 24-33 derajat celcius dengan tingkat kelembaban antara 64-96 persen dengan kecepatan angin 12 kilometer per jam yang berasal dari tenggara.(yud)

 

Berita Terbaru