oleh

BLT Belum Turun, Kantor Desa Jatiwaringin Digeruduk Warga

Kabar6-Puluhan orang warga yang didominasi kalangan perempuan menggeruduk Kantor Desa Jatiwaringin, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Senin (8/6/2020). Warga datang untuk menanyakan bantuan sosial tunai (BLT) yang tidak kunjung turun.

Dedeh, 40 tahun, salah seorang warga Kampung Jatiwaringin RT 02 RW 03, Desa Jatiwaringin, Kecamatan Mauk, mengaku ingin menanyakan kepastian BLT. Padahal pendataan sudah dilakukan beberapa bulan lalu.

“Masyarakat di Desa lain sudah ada yang dapat BLT, tapi di Desa Jatiwaringin belum ada yang dapat. Mangkanya kami datang kesini untuk menanyakan kepastian turunnya BLT,” kata Dedeh kepada wartawan Senin (8/6/2020).

Menanggapi hal tersebut, Kepala Desa Jatiwaringin, Nurdin mengatakan, pemicu puluhan warga datang untuk menayakan penyaluran BLT yang bersumber dari Kementerian Sosial. Warga mendapatkan kabar bahwa di Desa Buaran Jati wilayah terdekat sudah mendapatkan BLT.

“Intinya warga ini tidak sabar, tapi saya bisa memakluminya karena pandemi Covid-19 ini dampaknya kesemuanya,” kata Nurdin.

Setelah dijelaskan terkait penyaluran BLT ini, lanjut Nurdin, warga bisa memahami dan sudah pulang ke rumahnya. Aparatur wilayah akan memasang pengumunan penerima BLT di kantor desa untuk keterbukaan informasi kepada masyarakat.

“Sebetulnya, data-data penerima BLT itu sudah ada di ketua RT, tapi nanti kami tetap akan memasang pengumuman penerima BLT itu di Kantor Desa,” katanya.

**Baca juga: 4 Rumah Tak Layak Huni Di Desa Rawa Burung, Butuh Sentuhan Pemerintah.

Nurdin menambahkan, untuk BLT yang bersumber dari Dana Desa, pihaknya memang belum menyalurkannya kepada masyarakat karena dana Dana Desa untuk BLT tersebut belum masuk ke rekening desa.

“Jadi bila BLT Dana Desa sudah masuk semua, kami akan segera menyalurkannya kepada masyarakat,” pungkanya. (Vee)

Berita Terbaru