oleh

Bisakah Cegah Uban di Usia Muda?

Kabar6-Meskipun saat ini munculnya uban di usia muda termasuk hal yang wajar, pakar kesehatan menyebut banyak orang yang mengalami penurunan rasa percaya diri sebagai akibatnya.

Lantas, apa yang harus dilakukan? Melansir doktersehat, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperlambat uban atau setidaknya menghambat perkembangannya di usia muda. Apa sajakah itu?

1. Konsumsi makanan bergizi
Tidak hanya akan menyediakan energi bagi tubuh atau mencegah datangnya berbagai macam penyakit, mengonsumsi makanan bergizi juga bisa mencegah masalah rambut beruban di usia muda.

Hal ini disebabkan oleh folikel rambut yang mendapatkan nutrisi cukup, sehingga bisa memastikan warna dan kesehatan rambut terjaga.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk memenuhi nutrisi seperti seng, tembaga, dan vitamin B. Kita pun disarankan untuk rutin mengonsumsi makanan seperti telur, daging ikan, sayur bayam, makanan laut, dan kacang-kacangan.

2. Kendalikan stres
Stres bisa membuat rambut lebih mudah beruban. Jadi, pastikan untuk mengendalikan stres dengan lebih baik seperti lebih banyak menyempatkan diri untuk bersantai, berlibur, atau sekadar bersenang-senang dengan keluarga dan teman-teman.

Pakar kesehatan juga menyebut, kebiasaan mendapatkan waktu tidur berkualitas setiap malam atau rutin berolahraga bisa membantu mengendalikan stres.

3. Hindari asap rokok
Jangan salah, asap rokok ternyata termasuk dalam salah satu faktor penyebab masalah rambut beruban, lho. Tak hanya mereka yang merupakan perokok aktif, para perokok pasif juga bisa mengalaminya.

Hal ini disebabkan oleh kandungan beracun di dalam asap rokok yang bisa merusak pigmen rambut. Bahkan, banyak perokok aktif yang juga mengalami rambut rontok atau masalah rambut lainnya.

4. Meminta saran pakar rambut
Jika rambut beruban, kusam, kering, atau bahkan bercabang, cobalah untuk meminta saran ahli rambut demi mengatasinya. ** Baca juga: Konsumsi Makanan Manis Bisa Bikin Bahagia?

Keempat hal tadi tentu saja tidak berlaku apabila uban bersifat genetik atau keturunan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru