oleh

Bisakah Anda Berhenti Konsumsi Makanan Gorengan?

Kabar6-Hingga saat ini aneka gorengan seperti bakwan, singkong, ubi, tempe berbalut tepung dan lain sebagainya, masih menjadi camilan favorit banyak orang untuk mengganjal perut atau sebagi teman minum kopi dan teh.

Sebenarnya, melansir Pesona, tidak ada yang salah dalam mengonsumsi gorengan. Hanya saja, disarankan Anda menggoreng camilan itu di rumah alias membuatnya sendiri. Mengapa begitu? Anda tahu minyak yang digunakan dan bisa megontrol kebersihan selama proses memasaknya.

Meskipun tidak semua tempat, sebagian gorengan yang dijual seringkali tidak memperhatikan masalah kebersihan, misalnya dengan membiarkannya terpapar debu, dihinggapi lalat dan lain sebagianya, karena tidak diletakkan dalam wadah tertutup. Selain itu, pada sebagian penjual juga menggunakan minyak bekas pakai yang berulang kali, hingga warnanya hitam.

Di sisi lain, menyetop kebiasaan makan gorengan tentu saja bukan hal yang mudah. Solusinya, Anda harus membatasi konsumsi gorengan. Atau lebih baik Anda membuatnya sendiri. ** Baca juga: Metabolisme Tubuh Bisa Terganggu Karena 6 Kebiasaan Harian

Selain itu, gorengan kaya kalori. Misalnya saja sepotong cireng mengandung 70 kalori. Padahal Anda tentu akan makan lebih dari satu cireng. Kemudian, sepotong bakwan goreng hampir sama dengan 90 gram empal daging atau 137 kalori.

Yuk, batasi konsumsi gorengan agar tubuh tetap sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru