oleh

Bincang Warga Usaha Bersama Menuju Sanitasi dan Air Bersih Yang Kuat

Kabar6-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menggelar Bincang Warga Usaha Bersama Menuju Sanitasi dan Air Bersih Yang Kuat (Saba Mustika), bersama masyarakat Desa Sarakan dan Desa Kayu Bongkok Kecamatan Sepatan, di Pendopo Bupati Tangerang, Selasa (26/2/2019).

Kegiatan tersebut digelar sebagai bentuk apresiasi Pemkab Tangerang terhadap desa-desa yang sudah bebas dari Buang Air Besa (BAB) sembarangan.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar menjelaskan, Saba Mustika merupakan program pembangunan sanitasi komunal bagi masyarakat di Kabupaten Tangerang, yang dibantu oleh United States Agency for International Development (USAID) dan lembaga lainnya.

Ada dua desa yaitu Desa Sarakan dan Desa Kayu bongkok yang sudah mengimplementasikan program tersebut dan sudah berjalan.

“Dimana masyarakat yang tadinya BAB sembarangan, kemudian BAB-nya sudah ditempat-tempat seperti WC yang sudah ramah lingkungan dan sesuai dengan sistem yang sudah kita bangun,” jelasnya.

Zaki mengatakan, dengan program tersebut selain mengarahkan masyarakat untuk tidak BAB sembarangan, tetapi juga untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Maka dari itu, dia berharap, porgram Saba Mustika tersebut dapat berjalan dan berlanjut didaerah lain di Kabupaten Tangerang sehingga kesejahteraan masyarakat dapat meningkat.

“Saya juga menghimbau untuk masyarakat Kabupaten Tangerang agar mengubah pola hidup menjadi pola hidup yang sehat dan bersih, dengan menggunakan WC yang ada dirumah dan WC komunal yang ada di lingkungan. Untuk membuang air besar dan air kecil serta jangan lagi BAB sembarangan seperti sungai, kali sawah dan kebun karena itu akan menimbulkan penyakit,” ungkapnya.

Sementara itu, Deputy Chip USAID Kabupaten Tangerang, Alifah Sri Lestari menambahkan, kegiatan Saba Mustika yang digelar tersebut merupakan kegaitan akhir dari beberapa rangkaian yang dilakukan sebelumnya.

Hasilnya dengan melakukan evaluasi dari waktu ke waktu dari kegiatan tersebut masyarakat dapat mengetahui perubahan-perubahan yang terjadi selama penyelenggaraan program itu.**Baca juga: Bu Airin, Adain Juga Dong Beasiswa Pendidikan S3.

“Dan dengan adanya perubahan ini masyarakat dapat merencakan kegaitan lanjutan, oleh karena itu rencana kerja masyarakat ini perlu didengar oleh stakeholder yang lain sehingga ada dukungan-dukungan dari stakeholder untuk masyarakat. Kemudian kegiatan ini sementara dimulai dulu didua desa yang ada di Kabupaten Tangerang tapi sebenarnya kegiatan ini sudah ada dibanyak kelurahan namun khusus untuk mendukung peningaktan akses air minum dan sanitasi,” pungkasnya.(Mer)

Berita Terbaru