oleh

Bila Sachrudin Tak Sembuh, Arief Bisa Cari Wakil Pengganti

Kabar6-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang sudah menetapkan jadwal untuk pemeriksaan kesehatan bagi pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Tangerang, terhitung mulai 15 hingga 20 Juli 2013.

Bahkan, waktu pemeriksaan kesehatan bagi keempat pasangan calon juga telah ditetapkan pada Senin (15/7/2013) dan Selasa (16/7/2013).

Namun demikian, hingga kini belum bisa dipastikan apakah calon Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin yang kini sedang mengalami serangan stroke bisa mengikuti jadwal yang telah ditetapkan atau tidak.

“Khusus untuk Sachrudin, belum ada yang bisa memastikan kehadirannya untuk melakukan tes kesehatan sesuai jadwal, pada hari selasa 16 Juli,” ujar Ketua KPU Kota Tangerang, Syafril Elain, Minggu (14/7/2013).

Ditegaskan Syafril, tes kesehatan terhadap Sachrudin masih bisa dilakukan hingga tanggal 20 Juli 2013. Namun diluar jadwal tersebut, tim dokter tidak akan melayani tes kesehatan pasangan calon.

“Tenggat waktu tersebut mengacu pada kerjasama yang telah dijalin KPU Kota Tangerang dengan pihak Ikatan Dokter Indonesia (IDI),” ujar Syafril lagi.

Dilanjutkan Syafril, sesuai dengan Peraturan KPU bahwa bakal calon Walikota dan Wakil Walikota bisa mengganti pasangannya di Pilkada, jika salah satu pasangan calon dimaksud dinyatakan meninggal atau berhalangan tetap atau permanen.

“Penggantian pasangan masih dapat dilakukan, dengan ketentuan harus dalam waktu tiga hari sejak KPU menerima surat pernyataan resmi dari Tim IDI,” ujar Safril lagi.

Sementara itu, Ketua IDI Kota Tangerang Dr. Djasarito mengatakan, pemeriksaan kesehatan pasangan calon bakal digelar di RSUD Tangerang, Jalan Ahmad Yani, No. 9, Kota Tangerang.

“Tim dokter akan melakukan pemeriksaan dengan Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) atau kemampuan mental dan Neurologi behavior atau fisik,” ujar dr. Djasarito lagi.

Dalam pengundian yang dilakukan KPU dan IDI yang disaksikan oleh pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Tangerang 2013-2018, ditetapkan pasangan calon Harry Mulya Zein (HMZ)-Iskandar Zulkarnain mendapat Jadwal pemeriksaan hari pertama, Senin 15 Juli 2013, pukul 06.30 WIB sampai selesai.

Tes kesehatan kemudian dilanjutkan oleh pasangan Dedi Gumelar alias Miing- Suratno Abubakar pada Senin 15 Juli 2013, pukul 07.30 WIB.

Sedangkan jadwal tes kesehatan untuk pasangan Abdul Syukur-Hilmi Fuad akan dilakukan pada hari berikutnya, Selasa 16 Juli 2013 pukul 06.30 WIB, dilanjutkan pasangan Arief Wismansyah-Sachrudin pada Selasa 16 Juli 2013 pukul 07.30 WIB.

Sedianya, Pilkada Kota Tangerang bakal dihelat pada Sabtu 31 Agustus 2013. Ke empat pasangan calon akan berjuang berebut suara dari total hak pilih sebanyak 1,2 juta suara.(arsa)

Berita Terbaru