oleh

Bikin Ngilu, Dokter Berhasil Keluarkan Koin yang Sudah Tertancap Lebih dari 50 Tahun dalam Lubang Hidung

Kabar6-Peristiwa yang dialami seorang pria asal Rusia berusia 59 tahun yang tidak disebutkan namanya itu sungguh membuat ngilu orang-orang sekitar. Bagaimana tidak, dokter berhasil mengeluarkan koin yang sudah tertancap lebih dari 50 tahun dari libang hidungnya.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Berawal ketika berusia enam tahun, pria itu memasukkan uang koin ke lubang hidung sebelah kanan. Namun karena ‘terlalu takut’ untuk memberitahu sang ibu tentang hal itu, lama-lama dirinya justru menjadi lupa akan uang koin tadi.

Hingga 50 tahun kemudian, melansir republicworld, ia mengeluh tidak bisa bernapas sama sekali pada lubang hidung sebelah kanan. Setelah memeriksakan diri pada dokter di rumah sakit dengan menjalani pemindaian, terlihat ada benda pada saluran hidungnya. Rhinolith atau batu di rongga hidung telah terbentuk di sekitar koin, sehingga membatasi kemampuannya untuk bernapas.

Tim medis lantas melakukan operasi endoskopi dengan anestesi umum untuk mengangkat batu dan mengambil koin senilai satu kopek Soviet dari hidungnya, setelah 53 tahun tertancap.

“Kami mengoperasi pada hari Jumat dan dia keluar rumah sakit pada hari Senin. Hidungnya sudah pulih sepenuhnya,” terang Elena Nepryakhina, spesialis otorhinolaryngologist.

Pria itu bukanlah orang pertama yang menyimpan benda asing dalam hidungnya selama beberapa dekade. Pada 2015 seorang pria bernama Steve Easton (51) dari Surrey, mengalami bersin saat ujung panah mainan keluar dari hidungnya.

Rupanya, Easton meletakkan panah mainan itu saat berusia tujuh tahun. Namun dokter yang menangani saat itu tidak dapat mengeluarkannya. Easton sering menderita sakit kepala dan pilek yang menyebabkan demam.

Dikatakan, dia sama sekali tidak menyadari jika anak panah mainan itu telah tersangkut dalam hidungnya selama 44 tahun. ** Baca juga: Tanpa Cedera Seorang Ayah di Texas Berhasil Selamatkan Anak-anaknya dari Incaran Buaya Seberat 272 Kg

Mengerikan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru