oleh

Jembatan Besi Sepanjang 18 Meter Raib Digondol Kawanan Pencuri India

Kabar6-Kepolisian di Negara Bagian Bihar, India, menangkap empat dari delapan orang pelaku pencurian jembatan sepanjang 18 meter, dan menjual materialnya sebagai barang bekas.

Dalam melakukan aksinya, melansir republicworld, kawanan pencuri yang membawa ekskavator serta las pemotong itu mengaku dari Dinas Irigasi di Negara Bagian Bihar. Kehadiran mereka tentu saja disambut gembira, karena warga Desa Amivayar yang berlokasi dekat dengan Kota Sasaram mengira pemerintah akhirnya mulai mengerjakan permintaan mereka untuk menyingkirkan sebuah jembatan tua yang tidak lagi digunakan.

Material logam dari jembatan itu pun diangkut menggunakan mobil van sewaan, lalu disimpan dalam gudang tempat penjualan barang bekas. ** Baca juga: Studi Ungkap, Seseorang Kaya atau Miskin Bisa Tercermin dari Wajahnya

Ya, tidak ada yang mengira kejadian tersebut adalah aksi pencurian. Pembongkaran jembatan itu diduga diawasi oleh Arvind Kumar, yang merupakan seorang pekerja paruh waktu di Dinas Irigasi. Dia mengatakan kepada siapa pun yang bertanya bahwa ‘pekerjaan itu memiliki izin resmi’.

Pejabat senior polisi setempat, Ashish Bharti, mengatakan bahwa Kumar termasuk di antara delapan orang yang ditangkap. “Pejabat Departemen Irigasi Radhe Shyam Singh, pemilik van dan pemilik tempat pembuangan sampah juga termasuk di antara mereka yang ditangkap. Kami sedang mencari setidaknya empat orang tersangka lainnya,” ungkap Bharti.

Jembatan besi di kanal Ara yang dibangun pada 1976, memiliki tinggi sekirar 3,6 meter. Namun jembatan itu tidak lagi digunakan sejak awal 2000-an setelah jembatan beton dibangun di dekatnya.

“Kami telah menyita mesin JCB (ekskavator), las pemotong, mobil pikap, dan 247 kilogram logam,” terang Bharti.(ilj/bbs)