Bikin Asyik, Kunyah Permen Karet Ternyata Miliki Dampak Buruk

kabar6.com
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Saat iseng, tidak sedikit orang yang mengunyah permen karet. Diketahui, kebiasaan itu dapat meningkatkan suasana hati atau mood dan mencegah stres.

Namun sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa mengunyah permen karet juga dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan. Melansir timesofindia, pasien yang menderita Disfungsi Sendi Temporomandibular (TMJ), disarankan untuk tidak mengunyah permen karet.

Hal ini karena mengunyah permen karet yang berlebihan akan memperberat tulang rawan dan sendi di sekitar rahang yang akan menyebabkan gangguan di dalam mulut.

Sementara itu, sejumlah produsen mengklaim bahwa produk mereka cenderung bebas gula dan aman untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Kenyataannya, sebagian besar permen karet justru mengandung pemanis buatan (aspartame) yang dapat menyebabkan kerusakan pada gusi, tumor otak, kanker, hingga cacat lahir.

Menurut para ahli, setidaknya ada delapan otot yang berbeda pada wajah manusia. Jika Anda terlalu sering mengunyah permen karet akan menyebabkan sakit kepala yang berlebihan. ** Baca juga: Apa Saja Mitos & Fakta Seputar Diet?

Seberapa sering Anda mengunyah permen karet? (ilj/bbs)