oleh

Besok, Lampu Merah BSD Plaza Diuji Coba

Lampu merah di depan perempatan BSD Plaza.(yud)

Kabar6-Terhitung mulai Rabu (8/2/2017) besok, uji coba lampu merah atau traffic light di depan BSD Plaza, Lengkong Karya, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel‎) mulai dioperasikan.

Sedianya, lampu merah tersebut diklaim bakal mampu mengurai kemacetan arus lalu lintas di ruas Jalan Raya Serpong.

Demikian disampaikan Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Tangsel, Ajun Komisaris Lalu Hedwin Hanggara kepada wartawan, Selasa (7/‎2/2017).

“Uji coba akan dilakukan selama sepekan. Apabila menimbulkan kemacetan akan ditutup kembali,” klaimnya.

Hedwin mengatakan, ujicoba dilakukan untuk melihat dampak yang ditimbulkan dari dioperasikannya lampu merah BSD Plaza. Saat ujicoba berlangsung, akan disiagakan sekitar 15 personel petugas gabungan.

Sedianya, uji coba ini bertujuan untuk mengurai kemacetan lalu lintas dari arah AEON dan Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD menuju Jalan Raya Serpong.

“Alasan ujicoba untuk memecah arus dari Aeon dan ICE. Biasanya kalau ada kegiatan, banyak yang lewat German Center melintasi kawasan Rawa Buntu. Kondisi ini kerap memicu kepadatan volume kendaraan. Dengan uji coba ini, mereka bisa melintas ke Golf dan Rawa Mekar Jaya untuk menuju Tol BSD-Jakarta atau ke arah Pamulang,” papar Hedwin.

Ia menambahkan, karena hanya tiga arah, maka rekayasa lalu lintas bagi pengendara dari arah ITC BSD menuju Alam Sutera, akan berhenti di perempatan. Demikian pula dari arah sebaliknya, bisa berhenti depan Telkom BSD.**Baca juga: Pemkot Cilegon Batasi Jam Operasional Hiburan Malam.

Sedangkan dari arah Binus atau Lengkong tidak dibolehkan menyeberang mengarah ke Golf. Pengendara harus belok ke kiri dan putar balik di ITC BSD. Sebelumnya, ada empat namun saat ini hanya tiga face siklus traffic light.**Baca juga: Batan Bangun Iradiator Gama Merah Putih.

“Jadi dari Golf bisa langsung melintas ke perempatan, lalu belok kanan ke arah ITC dan Pintu Tol BSD atau mengarah ke Lengkong. Sedangkan dari Binus atau dari Lengkong tidak bisa langsung ke Golf BSD,” tambahnya.(yud)

Berita Terbaru