oleh

Besok, Gerhana Matahari Cincin Akan Lewati Banten

Gerhana Matahari Cincin.(bbs)

Kabar6-Dari 10 Provinsi di Indonesia, Banten merupakan salah satu provinsi yang akan dilewati oleh fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC), Kamis (1/9/2016) besok.

Demikian diungkapkan Prakirawan Stasiun Meteorologi BMKG Kelas I Serang, Rofikoh, Rabu (31/8/2016).

Sedianya, GMC merupakan suatu peristiwa ketika terhalangnya cahaya matahari oleh bulan, sehingga tidak semua cahaya matahari sampai ke bumi.

Hal tersebut terjadi, akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi dan bulan hanya terjadi pada saat fase bulan baru dan dapat diprediksi sebelumnya.

“Sebagian besar daerah di Banten akan dilalui GMC pada saat matahari akan terbenam, mulai dari pukul 17.30 WIB dengan durasi gerhana selama 25 menit,” kata Rofikoh, saat ditemui dikantornya.

Ia mengungkapkan, jika melihat kondisi saat ini yang sedang berada pada musim kemarau basah, kemungkinan GMC tidak bisa dilihat langsung oleh masyarakat.

“Dilihat dari waktu juga, GMC diperkirakan terjadi pada pukul 17.30 WIB. Itu artinya, matahari sudah sedikit terbenam dan prediksi pada pekan ini sebagian besar wilayah di Banten akan diguyur hujan ringan hingga sedang. Kemungkinan matahari juga akan tertutup awan,” ungkapnya.

Meski demikian, ia mengingatkan kepada masyarakat yang ingin melihat GMC, untuk menggunakan alat penghalang agar tidak terjadi kontak kangsung dengan matahari. **Baca juga: Deklarasi Koalisi PDI Perjuangan dan PPP Untuk Pilgub Banten Diundur.

Pasalnya, jika sinar matahari terkontak dengan mata secara langsung tanpa alat bantu, akan memicu efek kurang baik pada mata. **Baca juga: RSUD Balaraja Pastikan Kebutaan Memi Bukan Akibat Pascaoperasi.

“Kalau di pantai terbenamnya lebih lama, tapi kan kembali lagi ke prakiraan cuaca tadi, jadi memungkinan matahari juga akan tertutup awan,” tegasnya.(zis)

Berita Terbaru