oleh

Besok Digelar, Yuk Mampir ke Festival Cisadane

Walikota Tangerang, Arief Wismansyah memantau persiapan Festival Cisadane.(hms)

Kabar6-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang kembali menggelar Festival Cisadane tahun 2016. Sedianya, festival akan dimulai besok, Sabtu (30/7/2016) hingga Sabtu (6/8/2016) mendatang.

Acara rutin tahunan yang juga bertujuan untuk mempromosikan Kota Tangerang itu akan berlangsung di sepanjang bantaran Sungai Cisadane, di Jalan Benteng Jaya.

Walikota Tangerang, Arief  Rachadiono Wismansyah menuturkan, selain untuk mempromosikan Kota Tangerang, event festival itu juga sebagai pentas seni, budaya, olahraga serta potensi ekonomi masyarakat setempat.

Akulturasi budaya yang ada didalamnya (seperti Betawi, Jawa, Sumatra, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Papua) serta adu cepat perahu naga, turut menjadi pesona acara yang rutin digelar setiap tahun ini.

Selain itu, Festival Cisadane juga menjadi wadah bagi Pemkot Tangerang untuk mendekatkan diri dengan masyarakatnya. Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) turut mengenalkan setiap program unggulannya kepada masyarakat.

Diantaranya dengan membuka pelayanan khusus di Festival Cisadane seperti pelayanan akta sehari jadi oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

“Mau lihat atraksi barongsai, lomba dan parade perahu, pameran Usaha Kecil dan Menengah (UKM), sajian seni budaya, hiburan menarik juga pelayanan, ayo datang ke Festival Cisadane,” ajaknya, Jumat (29/7/2016).

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disporparekraf) Kota Tangerang, Raden Rina Hernaningsih, menambahkan, Festival Cisadane adalah salah satu upaya menumbuhkembangkan berbagai kreativitas masyarakat setempat, yang dikemas dalam beragam seni budaya, potensi ekonomi, pelayanan serta hiburan.

“Pada event ini, kami juga turut mengundang daerah-daerah di tanah air dan luar negeri,” ujarnya.

Ia menyebut, undangan yang ditujukan kepada daerah lain telah disambut dengan baik. Dan, salah satu daerah yang akan mengirimkan perwakilannya adalah Papua Barat, Kutai Kertanegara, Banjarmasin, Cilacap, Purbalingga, DKI Jakarta, Kabupaten Bogor.**Baca juga: Kemenag dan MUI Kabupaten Tangerang Imbau Warga Geser Arah Kiblat.

“Mereka semua perwakilan dari Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) yang juga para atlet nasional dan untuk Singapura, Brunei Darussalam, serta Malaysia belum memberikan kabar lebih lanjut. Mudah-mudahan dalam waktu dekat akan segera ada kabar baik biar acaranya tambah semarak,” ujar Rina. **Baca juga: Personel Korem 052 Wijayakrama Mulai Normalisasi Sungai Cirarab.

Ditambahkan oleh Kepala Seksi Promosi dan Destinasi Pariwisata, Katrina Iswandari,  Disporparekraf selaku penyelenggara, telah menyiapkan sejumlah suguhan menarik pada acara pembukaan yang akan digelar pada Sabtu, (30/7/2016) besok. **Baca juga: Antisipasi Kanker Serviks, BPJS Gelar Pemeriksaan IVA Gratis.

Seperti atraksi perahu layar, kolaborasi marching band dan gambang kromong, penampilan barongsai, silat beksi, tari nyimas melati, drama kolosal hingga parade foto hias. **Baca juga: Lebih Meriah, Festival Cisadane Tahun 2016.

“Beragam acara di Festival Cisadane diharapkan menjadi hiburan juga nilai ekonomi bagi masyarakat Kota Tangerang, sekaligus mampu menarik wisatawan dalam maupun luar negeri untuk datang ke Kota Tangerang,” terang Katrina.(hms/tom migran)

Berita Terbaru