oleh

Berusia 107 Tahun, Umeno dan Koume dari Jepang Disebut Sebagai Kembar Identik Tertua di Dunia

Kabar6-Guinness World Records memberi gelar kepada dua perempuan asal Jepang, Umeno Sumiyama dan Koume Kodama, sebagai kembar identik tertua di dunia yang masih hidup. Keduanya lahir di Shodoshima pada 5 November 1913 atau berusia 107 tahun dan 300 hari lebih.

Gelar itu menggeser kedudukan Kin Narita dan Gin Kanie, juga warga negara Jepang, yang sebelumnya merupakan kembar identik tertua di dunia. ** Baca juga: Ritual Usir Jin, Paranormal Mesir Pukuli Wanita Muda Hingga Tewas di Hadapan Suaminya

Pengumuman yang disampaikan Guinness World Records itu, melansir People, bertepatan dengan Hari Penghormatan Lansia yang dijadikan sebagai libur nasional di Jepang. Namun karena pandemi COVID-19, keduanya yang tinggal terpisah di panti jompo hanya dikirimi sertifikat oleh pihak Guinness. Staf panti jompo yang menerima sertifikat itu menunjukkan masing-masing kepada Umeno dan Koume.

Keluarga Umeno dan Koume mengungkapkan rasa bahagia dan keduanya tak menyangka tentang pencapaian usia mereka. Umeno diketahui memiliki empat anak dan Koume tiga. Dalam pernyataannya, Guinness mengungkapkan bahwa Umeno dan Koume meraih gelar sebagai kembar tertua di dunia sejak 1 September 2021.

Pemegang rekor sebelumnya, Kin dan Gin, mengakhiri gelar mereka di usia 107 tahun dan 175 hari. Kin meninggal lebih dulu yakni pada Januari 2000, sedangkan Gin setahun kemudian di usia 108 tahun.

Nama mereka dalam bahasa Jepang berarti emas dan perak, keduanya lahir pada 1 Agustus 1892 di Nagoya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru