oleh

Bertubuh Mungil, 3 Jenis Serangga Ini Masuk Daftar Hewan Kecil Terkuat

Kabar6-Selama ini banyak orang mengira bahwa hewan-hewan yang disebut kuat memiliki tubuh besar dan tinggi. Nyatanya, banyak hewan terkuat yang justru memiliki tubuh kecil alias mungil, lho.

Kuat dalam hal ini merupakan perbandingan antara berat badan dan beban yang diangkatnya. Melansir hitekno, berikut tiga hewan yang termasuk dalam daftar hewan kecil terkuat. Apa saja itu?

1. Semut Pemotong Daun
Merupakan serangga yang masuk dalam hewan kecil terkuat. Meski kecil, semut ini mampu memotong daun hanya dengan gerakan rahangnya dalam hitungan detik.

Otot rahangnya pun sangat kuat dan dianggap sebagai ancaman para petani, karena serangga ini dapat memotong ribuan daun dalam waktu singkat. Serangga yang hanya memiliki panjang lebih dari satu sentimeter ini dapat membawa berat 50 kali dari berat badannya. Tak hanya itu, semut pemotong daun ini pun mampu berjalan jauh sambil membawa beban.

2. Kumbang Kotoran
Meski kecil dan menyantap makanan yang menjijikan, kumbang kotoran ini dapat mengangkat beban berat. Serangga yang satu ini memiliki panjang kurang lebih dari 1,5 cm, dan bisa mengangkat beban 1.000 lebih kali lebih berat dari tubuhnya. Dengan tanduknya yang kuat, kumbang kotoran dapat mendorong bola kotoran ke sarang milik mereka yang berada di bawah tanah.

3. Kumbang Badak
Kumbang ini dinamakan badak karena memiliki tanduk kuat di dada dan kepalanya. Tanduk yang dimiliki kumbang badak juga digunakan untuk menarik pasangan dan menyingkirkan benda yang menghalangi jalannya.

Dengan ukuran badan 15 cm, kumbang badak tersebut dapat membawa beban 850 kali dari berat badannya. ** Baca juga: Ilmuwan Temukan Papan Permainan Romawi Kuno Berumur 1.700 Tahun

Kecil-kecil cabe rawit.(ilj/bbs)

Berita Terbaru