oleh

Bersumpah Demi Tegakkan Hukum, Pria India Ini Sudah 22 Tahun Tidak Mandi

Kabar6-Dharamdev Ram (62), pria asal Baikunthpur, Gopalganj Bihar, India, mendapatkan banyak perhatian setelah terungkap tidak pernah mandi selama 22 tahun.

Bukan tanpa alasan, Ram melakukan hal tersebut lantaran sumpah yang diucapkan. Melansir Odditycentral, Ram telah bersumpah untuk menghindari mandi sampai kekerasan terhadap wanita, sengketa tanah di antara laki-laki, dan pembunuhan hewan tak berdosa itu berhenti.

“Pada 1975, saya bekerja di sebuah pabrik di Jagdal, Bengal, dan menikah pada 1978 dan menjalani kehidupan normal,” kata Ram. ** Baca juga: Trik Baru, Pengedar Narkoba di Inggris Berikan Bonus Roti Tawar untuk Pembeli Ganja

“Tetapi pada 1987, saya tiba-tiba menyadari bahwa sengketa tanah, pembunuhan hewan, dan kekejaman terhadap wanita mulai meningkat. Jadi, untuk mencari jawaban, saya mendekati seorang ‘Guru’ yang menjadikan saya sebagai muridnya dan mengilhami saya untuk mengikuti jalan bhakti. Sejak itu, saya menuju jalan bhakti dan mulai bermeditasi untuk Dewa Rama,” tambah Ram.

Hingga pada 2000, ketika Ram bersumpah untuk tidak mandi sampai kesalahan yang disebutkan di atas berhenti. Pria itu juga berhenti dari pekerjaannya di sebuah pabrik, tetapi dengan cepat kembali karena tekanan dari keluarganya sendiri.

Namun, ketika tersebar tentang sumpahnya yang tidak biasa, dia dipecat, dan menganggur sejak itu. Istri Ram, Maya Devi, meninggal dunia pada 2003. Beberapa tahun kemudian, salah satu putra Ram meninggal dunia.

Upaya Ram yang tidak biasa untuk mengakhiri kekerasan terhadap kaum hawa dan hewan, serta sengketa tanah menjadi viral di India, hingga memicu penyelidikan jurnalistik.

Wartawan melakukan perjalanan ke Baikunthpur untuk mewawancarai Ram dan sejumlah penduduk setempat, yang semuanya membenarkan bahwa pria itu tidak mandi selama 22 tahun.(ilj/bbs)