oleh

Bersikap Baik Terhadap Orang Lain Bagus untuk Kesehatan Mental

Kabar6-Sudah menjadi kewajiban kita untuk saling menolong sesama yang membutuhkan bantuan. Nah tahukah Anda, menurut sebuah penelitian, bersikap baik ternyata sangat dianjurkan? Apa alasannya?

Penelitian menunjukkan bahwa membantu orang lain sebenarnya bermanfaat untuk kesehatan mental dan kesejahteraan Anda sendiri. Dikutip dari beberapa sumber, ini dia alasannya:

1. Membuat perasaan lebih baik
Ketika membantu orang lain, ada perubahan fisiologis positif di otak yang terkait dengan perasaan bahagia. Membantu orang lain meningkatkan dukungan sosial, mendorong kita untuk menjalani gaya hidup yang lebih aktif secara fisik, mengalihkan perhatian dari masalah kita sendiri, memungkinkan kita untuk terlibat dalam kegiatan yang bermakna, dan meningkatkan harga diri serta kompetensi.

2. Punya rasa memiliki & mengurangi isolasi
Menurut pakar, kesepian menyebabkan tingkat kematian lebih tinggi dibandingkan obesitas. Dengan melakukan hal baik untuk orang lain, Anda menjadi bagian dari jejaring sosial yang bisa mengarah pada perasaan memiliki.

3. Membuat Anda melihat dari perspektif yang berbeda
Membantu orang lain yang membutuhkan, terutama mereka yang kurang beruntung dari diri Anda, dapat memberikan perspektif nyata dan membuat Anda menyadari betapa beruntungnya Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk berhenti berfokus pada hal negatif dan melihat hal-hal yang positif.

4. Membuat dunia jadi lebih baik
Berbuat baik memiliki potensi untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Suatu tindakan kebaikan dapat meningkatkan kepercayaan diri, kontrol, kebahagiaan dan optimisme. Kebaikan juga dapat menular, kebaikan dapat mendorong orang lain untuk mengulang perbuatan baik yang mereka alami sendiri. ** Baca juga: Sering Dianggap Lemah, Wanita Lebih Kuat Terpapar Asap Ketimbang Pria

Jadi jangan tunda untuk berbuat baik ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru