Berobat Jauh, Warga Pakulonan Tagih Fasilitas Puskemas

Ilustrasi.(bbs)
Lahan fasos/fasum akan dibangun Puskesmas Pakulonan.(yud)

Kabar6-‎Keberadaan fasilitas layanan kesehatan di Kelurahan Pakulonan, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dianggap sudah sangat dibutuhkan.

Warga sekitar pun menagih kepada pemerintah daerah setempat yang berjanji segera membangun pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas).

Kelurahan Pakulonan, Serpong Utara menagih janji Pemkot Tangsel untuk membangun Puskesmas. Padahal, sejak 2014 warga kelurahan ini sudah mengajukan.

Ketua RT 01/03, Kampung Baru Utara, Sadih mengaku, Pemerintah Kota Tangsel pada Tahun Anggaran 2014 lalu pernah janji ingin membangun puskesmas. Tapi hingga kini belum terealisasi.

“Warga sini kalau berobat ke Puskesmas Paku Alam atau Pondok Jagung. Jaraknya kejauhan, kasihan warga,” katanya kepada wartawan, Jum’at (18/3/2016).

‎Sadih pun meminta kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangsel serius mau membangun Puskesmas Pakulonan. Padahal, lahannya sudah tersedia dan jaraknya lebih terjangkau bagi warga sekitar.

“Biar lebih deket kalau warga sini mau berobat mas,” tambahnya.‎

Sementara itu dihubungi terpisah, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Tangsel Khairati menegaskan bahwa sudah menganggarkan untuk pembangunan puskesmas.

“Seharusnya tahun lalu dibangun. Tapi terkendala aset lahan yang belum jelas,” ujarnya.

Khairati bilang, pihaknya tidak berani membangunan fasilitas kesehatan untuk masyarakat tersebut. Agar tidak bermasalah ke depannya. **Baca juga: OKP Ganespa Desak DKPP Tangsel Atasi Sampah di Kali Angke.

“Pembangunannya diatas luas lahan 2.600 meter opersegi. Dan dibangun dua lantai. Tahun ini sudah dianggarkan untuk land clearing,” terangnya. **Baca juga: Pria Tewas di Vila Dago Pamulang Bernama Dodit.

Lurah Pakulonan, Suryadi menyatakan, lahan yang akan dibangun puskesmas merupakan lahan fasilitas sosial dan fasilitas umum kelurahan. **Baca juga: Pemkab Tangerang Serukan Peternak Lele Gunakan Teknologi Bioflok.

Saat ini sudah menjadi aset Pemkot Tangsel. “Warga mengharapkan secepatnya teralisasi pembangunan puskesmas,” pungkasnya.‎(yud)