oleh

Bermain Bersama Hewan Peliharaan Bantu Anda Rileks

Kabar6-Apakah Anda memiliki hewan peliharaan di rumah? Tidak sekadar menghibur, hewan peliharaan ternyata juga membantu Anda merasa rileks, lho.

Penelitian yang dilakukan ilmuwan dari Washington State University mengungkapkan, rasa tenang yang timbul saat memeluk serta bermain dengan hewan peliharaan ini dapat dibuktikan secara ilmiah.

Dalam penelitian, melansir Womantalk, sebanyak 249 mahasiswa dibagi dalam empat kelompok yang nantinya akan berinteraksi dengan sejumlah anjing dan kucing dengan cara yang berbeda-beda. Kelompok pertama diperbolehkan untuk langsung bermain dengan hewan-hewan lucu ini selama 10 menit, sementara kelompok kedua hanya boleh menyaksikan kelompok pertama bermain dengan para hewan.

Kelompok ketiga dalam penelitian diminta untuk melihat gambar-gambar hewan lucu, sedangkan kelompok terakhir diperbolehkan bermain dengan para hewan, tetapi mereka harus menunggu selama 10 menit terlebih dahulu tanpa melakukan apa pun. Setiap partisipan diminta untuk mengumpulkan sampel air liur sebelum dan sesudah eksperimen dilakukan, untuk kemudian diteliti di laboratorium.

Hasilnya, kelompok pertama yang diperbolehkan langsung bermain dengan anjing dan kucing memiliki kadar hormon kortisol yang jauh lebih rendah dibanding kelompok lainnya.

Kortisol adalah hormon yang berfungsi sebagai ‘alarm’ tubuh saat pikiran diserang stres. Kortisol bekerja di beberapa bagian otak untuk mengontrol mood, motivasi, dan rasa takut.

Saat stres, level kortisol akan naik. Jika tekanan atau sumber masalah sudah berhasil ditangani, kortisol pun akan perlahan menurun.

“Hanya 10 menit saja, efeknya sudah signifikan,” kata Patricia Pendry, peneliti dari Washington State University, Department of Human Development. “Para mahasiswa dalam penelitian kami yang berinteraksi dengan kucing dan anjing memiliki penurunan signifikan dalam produksi hormon stres kortisol.”

Penelitian ini terinspirasi dari program ‘Pet the Stress Away’ yang digelar di Washington State University. Dalam program ini, kampus mendatangkan sejumlah anjing spesialis terapi untuk diajak bermain bersama para mahasiswa.

Pet the Stress Away bertujuan agar para mahasiswa tidak merasa stres menjelang ujian dan lebih rileks saat mengikuti kegiatan perkuliahan. ** Baca juga: Ehem…Pria yang Sedikit Bicara & Bersuara Rendah Lebih Disukai Wanita

“Kami paham betul bagaimana para mahasiswa senang bermain dengan hewan dan membuat mereka merasakan emosi yang lebih positif,” jelas Pendry. “Saat hormon stres menurun, manfaatnya juga akan dirasakan secara fisik dan mental.” (ilj/bbs)

Berita Terbaru