oleh

Berlian yang ‘Berceceran’ di Tanah Afrika Kabarnya Melebihi Gunung Emas Kongo

Kabar6-Afrika Selatan kembali diserbu ribuan pemburu harta karun di desa KwaHlathi, Provinsi KwaZulu-Natal, Afrika Selatan untuk mencari batu permata atau berlian, setelah temuan Gunung Emas di Kongo.

Insiden itu terjadi setelah seorang pria menemukan batu putih berkilauan yang diyakini sebagai berlian saat menggali pada area terbuka di desa. Berita penemuan batu tersebut kemudian menjadi menular di kalangan warga dan media sosial. Sejauh ini, para ahli geologi belum menganalisis batu misterius yang ditemukan.

Pihak berwenang, melansir Sindonews, telah menginstruksikan warga di lokasi agar meninggalkan daerah tersebut, untuk memungkinkan pemeriksaan dilakukan. Pemerintah setempat juga mengunggah video yang menunjukkan lingkungan sekitar di Twitter, menyuarakan keprihatinan tentang insiden yang dijuluki sebagai ‘demam berlian’.

Menurut pemerintah setempat, pihaknya mencatat ada laporan kegiatan penambangan liar yang terjadi di KwaHlathi, Ladysmith. Butir-butiran emas yang tersimpan pada sebuah Gunung Kongo dipastikan bisa membuat penduduk tersebut kaya mendadak. Hal inilah yang membuat penduduk di sekitar Kivu Selatan menyerbu gunung tersebut.

Pihak berwenang di Republik Demokratik Kongo telah mengumumkan larangan aktivitas penambangan setelah demam emas di provinsi Kivu Selatan menarik ribuan penggali ke lokasi tersebut. ** Baca juga: Pria Inggris Ini Terancam Kehilangan Pekerjaan Karena Tak Pakai Masker dalam Kereta

Sebuah video dibagikan secara luas di media sosial, di mana puluhan penduduk desa terlihat menggunakan sekop, alat lain, dan bahkan tangan kosong untuk menggali biji emas di gunung untuk mengambil emas. Klip lain menunjukkan penduduk setempat mencuci kotoran dari logam kuning dan mengumpulkannya di wadah lain.

“Sebuah video dari Republik Kongo mendokumentasikan kejutan terbesar bagi beberapa penduduk desa di negara ini, ketika seluruh gunung yang dipenuhi dengan emas ditemukan! Mereka menggali tanah yang tersimpan emas dan membawanya ke rumah mereka untuk membersihkan kotoran & mengekstraksi emasnya,” cuit Ahmad Algohbary, seorang jurnalis lepas, di Twitter saat dia membagikan video.(ilj/bbs)

Berita Terbaru