oleh

Berlebihan Konsumsi Minuman Bersoda Bisa Sebabkan Masalah Kesehatan

Kabar6-Saat cuaca terik, salah satu jenis minuman yang banyak dipilih orang adalah soda dingin. Selain menyegarkan, rasanya juga membuat ketagihan. Meskipun demikian, mengonsumsi minuman bersoda secara berlebihan pun tidak disarankan.

Hal ini berkaitan dengan masalah kesehatan yang diakibatkan. Mengutip dari beberapa sumber, ini sejumlah masalah kesehatan yang akan terjadi apabila mengonsumsi minuman bersoda secara berlebihan:

1. Berbahaya bagi ginjal
Hobi minum bersoda sangat memicu kerusakan kerusakan ginjal dan penurunan fungsinya. Menurut para ahli, hal ini terkait dengan kandungan minuman bersoda, yakni pemanis buatan, pewarna buatan, kafein dan asam fosfat.

2. Meningkatkan risiko diabetes
Para penderita penyakit diabetes sangat dilarang untuk mengonsumsi gula. Hormone insulin yang ada dalam tubuhnya tidak cukup, bahkan tidak sanggup untuk mengubah zat gula tersebut menjadi gula otot (glikogen). Akibatnya, gula darah (glukosa) akan meningkat dan membahayakan.

3. Picu obesitas
Minuman bersoda sangat banyak mengandung kalori. Kalori yang masuk ke dalam tubuh bisa meningkatkan risiko kegemukan. Tak hanya bagi orang yang sudah dewasa, anak-anak bisa menderita obesitas.

Di Amerika Serikat, tingkat obesitas bagi anak-anak sangatlah tinggi. Salah satu penyebabnya adalah minuman bersoda. Anak-anak di Amerika Serikat mengonsumsi minuman bersoda layaknya meminum air putih. Setelah makan, mereka pasti minum minuman bersoda. Hasilnya, banyak yang menderita obesitas, salah satu pemicu dari munculnya penyakit-penyakit lain. Di antaranya diabetes, stroke, kerusakan jantung koroner dan berbagai penyakit serius lainnya.

4. Tingkatkan risiko tulang rapuh
Kandungan minuman bersoda adalah asam fosfat. Dalam suatu penelitian, asam fosfat ini bisa menyebabkan penyakit kerapuhan tulang. Hal ini karena asam fosfat bisa melarutkan kalsium yang ada di dalam tulang. Akibatnya, tulang menjadi rapuh dan keropos.

5. Risiko kanker pankreas
Sebuah penelitian di Amerika Serikat mengungkapkan, kandungan minuman bersoda dipercaya sebagai salah satu pemicu timbulnya kanker pankreas. Dalam penelitian tersebut, 87 persen responden yang minimal mengonsumsi minuman bersoda dua kali sehari mengalami peningkatan risiko kanker pankreas.

Penelitian dilakukan terhadap 60524 responden (pengonsumsi minuman bersoda) selama 14 tahun. Hasilnya, sebanyak 87 persen mengalami risiko kanker pankreas yang terlihat melalui gejala-gejalanya.

6. Tingkatkan kerusakan pada gigi
Banyak orang mengalami kerusakan gigi akibat mengonsumsi minuman bersoda. Hal ini tentu saja akibat kandungan zat gula yang ada di dalam minuman tersebut. Tak hanya itu, asam fosfat juga turut memperburuk kerusakan gigi dengan cara melarutkan kalsium gigi.

7. Tingkatkan ketergantungan pada kafein
Minuman bersoda mengandung kafein. Zat ini sejak dulu dikenal sebagai zat yang mampu membuat orang ketergantungan. Meskipun kafein mempunyai efek positif terhadap tubuh, efek negatif kafein ternyata lebih banyak misalnya, membuat jantung berdebar, insomnia, tekanan darah rendah dan lain-lain. ** Baca juga: Bakar Sampah Terlalu Sering Berbahaya untuk Paru-paru?

Yuk, mulai sekarang takar jumlah konsumsi minuman bersoda kegemaran Anda agat erhindar dari penyakit merugikan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru