oleh

Berjalan Kaki Lebih Baik Ketimbang Berlari, Ini Alasannya

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Mungkin selama ini Anda mengira bahwa berlari merupakan olahraga yang terbaik. Nyatanya anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Olahraga berjalan kaki justru lebih baik bagi kesehatan ketimbang berlari.

Benarkah demikian? Dikutip dokter.id, berikut alasannya:
1. Benturan lebih ringan (low impact)
Berlari dapat ‘menyusahkan’ tubuh karena merupakan olahraga high impact. Sebaliknya, berjalan kaki justru merupakan olahraga low impact bagi seorang pemula dan bagi orang dengan gangguan persendian bila mereka ingin membakar kalori.

2. Dapat dilakukan setiap hari
Berjalan kaki merupakan olahraga yang lebih mudah dilakukan kapan saja, bahkan sambil bekerja.

3. Hindari rasa nyeri
Berjalan kaki bila dilakukan dengan benar seharusnya tidak menyebabkan timbulnya rasa nyeri. Rasa nyeri saat berjalan kaki dapat terjadi bila Anda melakukannya dengan cara yang salah.

4. Kuatkan otot & persendian
Jika Anda mengalami nyeri sendi atau gangguan pada daerah persendian, terutama pada daerah tubuh bagian bawah dan perut, maka berlari dapat menyebabkan efek negatif dalam jangka panjang pada persendian dan tulang Anda.

Sementara itu, berjalan kaki justru dapat menguatkan otot dan persendian pada tubuh bagian bawah dan perut tanpa meningkatkan resiko terjadinya kerusakan lebih lanjut.

5. Risiko cedera rendah
Berjalan kaki merupakan salah satu olahraga dengan resiko cedera yang rendah. Sebalikya, berlari dapat meningkatkan risiko terjadinya keseleo, robek otot, kerusakan persendian, dan nyeri punggung.

6. Hindari kelelahan yang amat sangat
Apakah Anda pernah merasa sangat kelelahan hingga tidak lagi dapat melanjutkan kegiatan olahraga? Berlari merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat membuat Anda merasa demikian. Sebaliknya, berjalan kaki walaupun tetap dapat membuat Anda merasa lelah, tidak akan membuat Anda merasa sangat kelelahan.

7. Dapat dilakukan di mana saja
Berjalan kaki merupakan jenis olahraga yang benar-benar dapat dilakukan di mana saja, baik saat berlibur atau bekerja. ** Baca juga: Tahan Amarah Berisiko Sakit Punggung

Olahraga murah yang menyehatkan tubuh, bukan?(ilj/bbs)

Berita Terbaru