Berendam dalam Air Dingin Bikin Kurus?

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Selain berolahraga, diet dipilih banyak orang untuk menurunkan berat badan. Sayangnya, sebagian orang merasa sulit menurunkan berat badan dengan kedua cara tersebut, dengan alasan masih tergoda mengonsumsi makanan berkalori tinggi yang hampir semuanya memiliki rasa lezat.

Karena itulah beberapa cara pun ditempuh untuk menurunkan berat badan, salah satunya adalah dengan berendam dalam air dingin. Benarkah demikian? Melansir doktersehat, sebuah penelitian yang dilakukan di Tokyo menunjukkan bahwa berendam di dalam air dingin dalam waktu yang cukup lama bisa membantu seseorang mempermudah menurunkan berat badan dibanding dengan melakukan hot yoga.

Hal ini karena suhu dingin dari air bisa membantu meningkatkan kemampuan tubuh mengatur gula darah dan meningkatkan metabolisme, sehingga membuat lemak tidak sehat dalam tubuh tidak bisa beradaptasi, sehingga terbakar dalam tubuh sebagai kalori yang memproduksi panas.

Penelitian ini berfokus pada jenis lemak dalam tubuh, salah satunya adalah lemak cokelat. Ternyata lemak cokelat merupakan hasil dari paparan terhadap suhu dingin dalam jangka waktu panjang yang menyebabkan sel lemak putih bekerja lebih efisien. Lemak ini berfungsi untuk menghancurkan lemak jahat dan gula berlebih sehingga dapat meningkatkan insulin dan metabolisme dalam tubuh. ** Baca juga: Apa Sih Kriteria Diet Dikatakan Sukses?

Jadi berdasarkan penelitian tadi dapat disimpulkan bahwa berendam di dalam air dingin dapat meningkatkan produksi lemak cokelat. Semakin banyak produksi lemak cokelat dan sedikit lemak putih, maka tubuh akan terhindar dari penyakit seperti obesitas dan diabetes.(ilj/bbs)