oleh

Beredar Rumor Kebakaran di Pasar Jombang Akibat Sabotase

Kabar6-Berkembang rumor, bahwa kebakaran yang menghanguskan puluhan kios di Pasar Jombang, Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) diduga akibat sabosate.

“Memang banyak omongan di luar seperti itu (sabotase),” kata Kapolsek Metro Ciputat, Komisaris Burhanudin ketika dihubungi wartawan, Kamis (15/8/2013).

Ditengah rumor yang terus berkembang, aparat kepolisian tetap tidak ingin gegabah. Seperti ditanya apakah ada kemungkinan peristiwa tersebut merupakan sabotase lantaran pasar tersebut rencananya bakal dibangun pusat niaga modern oleh pihak swasta.

Menurut Burhanudin, pihaknya masih terus melakukan penyidikan dengan mengumpulkan keterangan dari sejumlah saksi mata, pedagang dan pengelola PD Pasar Jaya.

“Kita nggak bisa dong menduga-duga seperti itu. Karena kita bekerja kita bisa menduga tapi dasarnya alat bukti yang kuat,” tegasnya.

Burhanudin mengaku belum berhasil mengidentifikasi penyebab kebakaran.
“Kita sudah olah TKP (Tempat kejadian perkara). Hanya saja, hasilnya belum diketahui dan sudah ditangani Polres (Polres Metro Jakarta Selatan),” katanya.

Secara terpisah, Kepala Damkar Kota Tangsel, Azzhar Syam’un, mengklaim akibat kebakaran tersebut hanya ada 13 kios pasar yang hangus terbakar si jago merah. “Belasan kios itu sehari-harinya berjualan pakaian, tukang jahit, warkop dan kelontongan. Jadi bahan-bahan yang mudah terbakar,” jelasnya.

Namun selang 45 menit, dengan 5 unit kendaraan pemadam beserta dibantu warga, api berhasil dipadamkan. Sedangkan untuk jumlah kerugian, Azzhar mengaku belum bisa menaksir secara rinci.

Sebab saat kejadian, banyak pemilik kios yang tidak ada di tempat. “Mereka tidak ada ditempat. kalaupun ada, pasti enggan menyebutkan nominal,” katanya. Meski tidak ada korban jiwa, pihaknya menaksir total kerugian mencapai ratusan juta rupiah.(yud)

Berita Terbaru