Berciuman Tingkatkan Daya Tahan Tubuh?

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Menurut sebuah studi dari Netherlands Organization for Applied Scientific Research, sebuah ciuman 10 detik mentransfer sebanyak 80 juta bakteri antara Anda dan pasangan.

Namun paparan kuman tersebut, dikutip dari Meetdoctor, bisa memberi dorongan sehat bagi sistem kekebalan tubuh. Dr. Yael Varnado, pendiri Get Checked 4 Life, sebuah organisasi nirlaba yang menyediakan akses terhadap layanan kesehatan untuk komunitas berisiko mengatakan, ketika berciuman terjadi pertukaran kuman, dan itu adalah bentuk alami dari vaksinasi.

“Ketika tubuh Anda terekspos dengan kuman orang lain, secara alami tubuh akan membuat antibodi terhadap kuman tersebut, yang pada gilirannya dapat menyebabkan kekebalan tubuh meningkat dan mencegah penyakit,” urainya. Tapi harus dipastikan sebelum berciuman pasangan Anda dalam kondisi sehat.

Tidak hanya meningkatkan imunitas tubuh, berciuman juga bisa membakar kalori, meskipun tidak sebanyak bila Anda lari satu kilometer. Berciuman bisa memompa metabolisme Anda kira-kira dua kali lipat dari tingkat biasa.

Umumnya orang membakar sekira satu kalori per menit saat istirahat, namun menurut dr. Sharon Stills, dokter naturopati, dengan berciuman dapat membakar sekira 2-3 kalori per menit.

Di sisi lain, berciuman pun dapat mengurangi rasa sakit. Ketika terjadi pertemuan antara bibir dengan bibir, tubuh Anda melepaskan adrenalin yang dapat mengurangi rasa sakit, sama seperti endorfin yang bisa melawan sakit kepala yang mengganggu. ** Baca juga: Stres Bikin Wajah Terlihat Tua

Dr. Stills menunjukkan bahwa ciuman dapat menurunkan kadar kortisol, yaitu hormon stres dan memiliki efek negatif pada sistem kekebalan tubuh, sistem endokrin dan kesehatan otak, khususnya hippocampus.(ilj/bbs)