oleh

Berat Badan Turun dengan Lima Kebiasaan Sebelum Tidur Berikut

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Menurunkan berat badan ternyata tidak melulu harus melalui program diet lho. Tahukah Anda bahwa tidur berkualitas pun merupakan salah satu cara paling gampang sekaligus efektif untuk “mengusir” kelebihan berat badan?

Sebuah studi dari Annals of International Medicine, dikutip dari kawaiibeautyjapan, menemukan bahwa peserta yang diet dan tidur 8,5 jam lebih lama ternyata mampu menghilangkan lemak tubuh dua kali lebih besar dibandingkan dengan peserta lain yang juga diet namun hanya tidur 5,5 jam.

Nah, kebiasaan sebelum tidur seperti apa yang efektif mengurangi berat badan?
1. Minum susu atau yogurt
Tidak hanya mencegah rasa lapar pada tengah malam, kebiasaan ini juga akan membentuk otot saat Anda tidur, karena kandungan casein-nya yang tinggi, yaitu suatu bentuk protein yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Otot-otot akan dipenuhi dengan asam amino, sehingga menjadi lebih kencang. Diketahui, membangun otot adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan metabolisme dan membakar lebih banyak kalori setiap hari.

2. Turunkan suhu
Sebuah studi membuktikan bahwa ketika orang tidur dengan suhu yang lebih rendah, mereka mengubah lemak putih penyimpan kalori menjadi lemak cokelat pembakar kalori.

Alasannya, lemak cokelat bertugas untuk menghangatkan tubuh, sehingga dengan suhu kamar tidur yang lebih rendah maka kalori tubuh pun ikut terbakar.

3. Lakukan Aktivitas yang Anda sukai sebelum tidur
Memaksakan diri untuk tidur padahal belum benar-benar mengantuk sepertinya akan membuang-buang waktu. Lebih baik sediakan waktu 30 menit untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai sebelum tidur.

Lakukan aktivitas yang bisa membuat Anda rileks, seperti membaca, sehingga akan membantu menjaga kualitas tidur dan energi Anda. Melalui cara ini, Anda siap menjalani aktivitas keesokan harinya dengan tubuh segar dan metabolisme yang lebih baik.

4. Atur cahaya kamar
Cahaya apa pun, baik dari gadget atau cahaya dari luar yang masuk melalui jendela kamar, bisa mengurangi hormon melatonin yang berperan dalam menjaga kualitas tidur.

Studi yang dilakukan University of Oxfod mengungkapkan bahwa wanita yang tidur di dalam kamar paling gelap memiliki persentase 21 persen lebih rendah mengalami obesitas dibandingkan wanita lain yang tidur di kamar yang lebih terang.

5. Bedtime yoga
Olahraga berat mungkin tidak cocok dilakukan terlalu dekat dengan jam tidur. Namun Anda bisa tetap melakukan sedikit gerakan stretching atau yoga karena hal itu akan membuat kondisi rileks. ** Baca juga: Reaksi Tubuh Pria & Wanita Ternyata Berbeda Terhadap Obat

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru