oleh

Berat Badan Turun Dengan Gaya Minum Seperti Ini

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Selama ini salah satu cara untuk menurunkan berat badan yang diketahui adalah dengan melalui program diet. Namun tahukah Anda jika berat badan dapat turun hanya dengan minum air putih melalui cara berbeda?

Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris, dikutip dari alodokter.com, mengungkap cara minum air putih yang diduga dapat menurunkan berat badan.

Air putih diminum sebanyak 500 ml atau sekitar dua gelas sekitar 30 menit sebelum makan. Namun ingat, Anda harus menghindari air berkarbonasi atau air putih dengan campuran lain.

Hasilnya, kebiasaan itu diduga mampu menurunkan badan rata-rata 4,3 kg per hari jika dilakukan tiga kali dalam sehari. Atau, jika dilakukan satu kali dalam sehari, dapat memangkas berat badan sekitar 0,8 kg per hari.

Penelitian yang dilakukan di Inggris itu melibatkan 84 orang yang tergolong obesitas. Kemudian dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama diminta minum air sebelum makan. Sedangkan kelompok kedua hanya diminta membayangkan dirinya sudah kenyang.

Kelompok pertama mengalami penurunan berat badan lebih banyak sekitar 1,3 kg dibanding kelompok kedua.

Bukti ilmiah lain yang dilakukan peneliti asal Jerman membuktikan, konsumsi air putih dapat mendukung penurunan berat badan dengan memungkinkan lebih banyak kalori yang terbakar.

Penelitian berbeda juga menunjukkan kaitan antara asupan air dan penurunan berat badan. Orang yang semakin banyak minum air serta makan buah dan sayur akan mengurangi kebiasaan minuman mengandung gula tinggi.

Kebiasaan baru ini juga diikuti kurangnya keinginan mengonsumsi makanan berkalori tinggi. Hal ini berarti semakin sedikit kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Itu sebabnya selain air yang diminum secara langsung, untuk menurunkan berat badan perlu memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Kedua jenis makanan tersebut mengandung sekitar 90 persen air yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan cairan setiap hari.

Sebuah penelitian di Jepang mengungkap, wanita yang banyak mengonsumsi dua jenis makanan tersebut memiliki ukuran indeks massa tubuh dan lingkar pinggang lebih kecil.

Salah satu keuntungan dari metode memanfaatkan air sebagai pendukung penurunan berat badan yaitu kemudahan melakukannya di tengah padatnya aktivitas, dibandingkan metode penurunan berat badan lain.

Hanya saja, perlu diingat bahwa untuk mencapai penurunan berat badan sebanyak itu, harus disertai perubahan gaya hidup dan pilihan makanan lebih sehat, juga aktvitias olahraga yang dilakukan secara teratur. ** Baca juga: Di Usia Berapa Orang Merasa Paling Bahagia?

Yuk mulai kebiasaan sehat ini dari sekarang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru