oleh

Berat Badan Tiba-tiba Naik Bisa Disebabkan 6 Hal Tak Terduga

Kabar6-Memiliki berat badan yang ideal bukan semata-mata soal ingin terlihat proporsional, tetapi juga dapat membantu tubuh lebih fit. Mengontrol berat badan adalah cara untuk mempertahankan dan menjaga berat badan agar sesuai atau ideal, bisa juga sesuai dengan apa yang diinginkan.

Namun di sisi lain, seringkali Anda tiba-tiba mengalami kenaikan berat badan yang tidak disangka-sangka. Mengapa hal ini bisa terjadi? Melansir allwomenstalk, ada enam hal tak terduga yang membuat berat badan tiba-tiba naik. Apa sajakah itu?

1. Kurang tidur
Salah satu penyebab peningkatan berat badan adalah kurang tidur. Saat Anda kurang tidur, terdapat perubahan biokimia di dalam tubuh yang menyebabkan peningkatan rasa lapar, menyimpan lemak lebih banyak, atau bahkan membuat Anda merasa tidak terlalu kenyang setelah makan.

Selain itu, bila tidur lebih malam setiap harinya, ada kemungkinan Anda ingin makan atau mengemil di malam hari yang juga dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

2. Stres
Semua orang tentunya pernah mengalami stres, yang sebenarnya baik bagi Anda bila dalam jumlah kecil. Namun bila Anda terus menerus mengalami stres, maka tubuh akan memproduksi kortisol, suatu hormon stres yang dapat meningkatkan nafsu makan.

Selain itu, stres juga dapat membuat metabolisme tubuh Anda melambat, dan menyebabkan peningkatan berat badan di daerah perut.

3. Mengerjakan banyak hal sekaligus
Banyak orang mengira, mereka dapat melakukan beberapa pekerjaan dalam waktu yang bersamaan. Nyatanya, hal ini tidak berlaku bagi semua orang.

Beberapa orang justru tidak dapat bekerja seefektif biasanya bila harus melakukan banyak pekerjaan sekaligus. Hal ini dapat memperlambat pekerjaan, membuat Anda melakukan banyak kesalahan, sehingga mengakibatkan stres.

Sebuah penelitian menemukan, mengerjakan banyak hal sekaligus dapat membuat Anda sulit mengendalikan diri di sekitar makanan. Hal ini karena otak harus bekerja ekstra keras untuk menyelesaikan semua pekerjaan tersebut, dan membuat Anda lebih tergoda untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan.

4. Terobsesi untuk jadi kurus
Semakin terobsesi untuk menjadi kurus, maka Anda akan merasa semakin sulit untuk mencapainya, dan justru membuat Anda lebih sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

5. Sering Bepergian
Sebuah penelitian menemukan, orang yang berpergian lebih dari 20 hari setiap bulannya, memiliki risiko peningkatan berat badan yang lebih tinggi, yaitu hingga 92 persen. Konsumsi makanan sehat, tetap berolahraga, dan cukup tidur dapat mencegah peningkatan berat badan akibat sering bepergian.

6. Kekurangan nutrisi tertentu
Jika tubuh Anda kekurangan nutrisi tertentu seperti vitamin D, magnesium, atau zat besi, maka hal ini dapat mempengaruhi kesehatan tubuh, termasuk memperlambat metabolisme tubuh.

Menurut sebuah penelitian di Amerika, jika seseorang merasa lelah atau tidak bertenaga, maka orang tersebut cenderung mengatasinya dengan mengonsumsi gula, kopi, atau berbagai karbohidrat sederhana lainnya yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan. ** Baca juga: Hindari Gampang Sakit Selama Musim Pancaroba dengan Konsumsi 5 Makanan Sehat

Kenali penyebab berat badan Anda naik secara tiba-tiba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru