oleh

Berat Badan Melonjak Drastis Selama Pandemi COVID-19, Ini Alasannya

Kabar6-Banyak orang yang mengeluh berat badan naik drastis selama pandemi COVID-19, yaitu saat kantor ‘pindah’ ke rumah atau work from home. Menurut direktur klinis Program Kesehatan Metabolik & Penurunan Berat Badan Yale bernama Artur Viana, MD, stres bisa menjadi penyebab utamanya.

Bukan hanya pekerjaan di saat pandemi yang bisa membuat Anda stres, melansir Womantalk, tapi juga penutupan gym dan taman yang mengubah rutinitas olahraga dan para orangtua yang tiba-tiba harus bekerja di rumah sambil mengajar anak-anaknya. Semua hal baru tersebut bisa membuat Anda stres, baik disadari atau tidak.

“Kami tahu bahwa penyebab obesitas disebabkan berbagai faktor dan stres terlibat. Anda biasanya beralih ke makanan sebagai cara untuk mengatasi stres. Selain itu, saat Anda merasa stres, tubuh juga akan merasakannya sehingga membuatnya tidak akan melepaskan kalori apa pun karena mengira Anda perlu energi untuk melarikan diri atau berperang,” jelas Dr. Viana.

Selain menghindari angka timbangan melonjak secara drastis karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan, Anda juga otomatis harus lebih ekstra lagi menjaga berat badan. Hal ini karena obesitas ternyata juga dikaitkan dengan komplikasi serius pada orang dengan COVID-19.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, obesitas parah meningkatkan risiko masalah pernapasan berbahaya yang disebut sindrom gangguan pernapasan akut (ARDS), yang merupakan komplikasi serius dari COVID-19.

Hal lain, orang dengan obesitas berat lebih cenderung menderita penyakit kronis dan kondisi kesehatan lain yang dapat meningkatkan keparahan COVID-19, jika mereka terinfeksi. ** Baca juga: Yuk, Lakukan Cara Sehat Minum Kopi

Karena itulah, meski saat ini Anda lebih sering berada di rumah karena pandemi, usahakan untuk tetap memiliki berat badan sehat karena saat ini menjaga kesehatan sangat penting agar terhindar dari berbagai virus.(ilj/bbs)

Berita Terbaru