oleh

Berapa Sebenarnya Jumlah Vitamin C Harian yang Dibutuhkan untuk Jaga Imunitas?

Kabar6-Vitamin C adalah antioksidan terbaik yang berperan penting untuk meningkatkan sekaligus menjaga sistem kekebalan tubuh. Terlebih selama pandemi, daya tahan tubuh menjadi salah satu ‘benteng pertahanan’ untuk melindungi diri dari ancaman COVID-19.

Seorang ahli gizi bernama Katherine Zeratsky, melansir CNN Indonesia, mengatakan bahwa tubuh tak bisa memproduksi dan menyimpan vitamin C, sehingga disarankan agar seseorang perlu menambahkan asupan vitamin C melalui asupan makanan seperti jeruk, stroberi, paprika merah, dan brokoli.

Selain itu, vitamin C juga bisa didapat dari berbagai suplemen tubuh. Namun, kandungan vitamin C dalam suplemen disebut tak terlalu menggiurkan. Suplemen yang beredar umumnya menawarkan kandungan vitamin C sebanyak 500-1.000 miligram. Lantas, apakah tubuh memerlukan vitamin C sebanyak itu?

Institute of Medicine mengeluarkan rekomendasi jumlah takaran asupan nutrisi dari makanan atau suplemen. Asupan vitamin C harian yang direkomendasikan adalah:

1. Anak- anak (1-3 tahun): 15 miligram
2. Anak-anak (4-8 tahun): 25 miligram
3. Remaja (9-13 tahun): 45 miligram
4. Remaja akhir (14-18 tahun) 65-75 miligram
5. Wanita dewasa (19 tahun ke atas): 75 miligram
6. Pria dewasa (19 tahun ke atas): 90 miligram
7. Ibu hamil: 85 miligram
8. Ibu menyusui: 120 miligram

Orang dewasa, dikatakan Zeratsky, maksimal mengonsumsi vitamin C hingga 2.000 miligram dalam sehari. Namun, konsumsi vitamin C berlebih tidak akan memberikan efek samping berarti yang perlu dikhawatirkan.

“Konsumsi suplemen dengan dosis berlebih bisa mengakibatkan diare, muntah, mual, heartburn, kram perut, sakit kepala, dan insomnia,” jelas Zeratsky. ** Baca juga: Mengapa Masker Buff dan Scuba Tidak Disarankan?

Hal yang diingat, vitamin C bisa gampang rusak jika terpapar panas. Disarankan untuk mengonsumsi sumber makanan dengan kandungan vitamin C dalam kondisi mentah. Untuk sayuran, Anda bisa mengolahnya menjadi salad atau tumis sederhana.(ilj/bbs)

Berita Terbaru