oleh

Berapa Porsi Ideal Konsumsi Nasi Tiap Hari?

Kabar6-Tidak sedikit orang merasa bingung menentukan jumlah ideal konsumsi nasi harian mereka. Sebagian orang yang sedang menjalankan diet biasanya hanya mengonsumsi sedikit nasi. Sebaliknya, mereka yang ingin menambah berat badan akan mengonsumsi lebih banyak nasi.

Dalam piramida makanan, karbohidrat kompleks menduduki dasar piramida. Hal ini, melansir beberapa sumber, berarti bahwa nasi dikonsumsi dalam jumlah paling banyak dibandingkan unsur lain seperti al, protein, dan lemak. Namun bukan berarti Anda harus mengonsumsi nasi secara berlebihan. Jumlah kebutuhan karbohidrat tubuh adalah sekira 50 hingga 60 persen dari total kebutuhan per hari.

Nah, cara mudah menghitungnya dapat dilakukan dengan mengukur nasi berdasarkan kepalan tangan. Setiap satu kali makan, Anda diperbolehkan mengonsumsi nasi sebanyak satu kepalan tangan. Tetapi, Anda harus memastikan bahwa jumlah protein dan lemak dalam porsi makan harus cukup. Karena jika tidak, tubuh akan menjadi lemas.

Meskipun demikian, masing-masing kepalan tangan orang pun berbeda-beda, Jadi bisa dikatakan bahwa kebutuhan karbohidrat setiap orang pun berbeda-beda. Kebutuhan tubuh akan karbohidrat tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor seperti usia, aktivitas fisik, jenis kelamin, berat dan tinggi badan, serta kesehatan atau penyakit.

Hal yang perlu diingat, mengukur jumlah karbohidrat tidak hanya terpaku oleh konsumsi nasi. Hal ini karena lauk pauk seperti kentang atau goreng-gorengan yang mengandung tepung, juga turut andil memberikan tambahan karbohidrat ketika dikonsumsi. ** Baca juga: 5 Jenis Makanan & Minuman yang Ternyata Dapat Bikin Tubuh Lemas

Karena bisa saja, Anda malah akan mengonsumsi karbohidrat berlebih.(ilj/bbs)

Berita Terbaru