oleh

Berapa Lama Durasi Olahraga untuk Bantu Turunkan Berat Badan?

Kabar6-Olahraga menjadi pilihan banyak orang untuk membantu menurunkan berat badan, selain menjaga pola makan. Sayangnya, karena berbagai kesibukan, banyak orang yang kurang rutin melakukan olahraga. Sementara tidak sedikit juga orang yang menghabiskan waktu hingga berjam-jam di pusat kebugaran atau gym.

Padahal untuk menurunkan berat badan, Anda tidak tak perlu berlama-lama melakukan olahraga. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam ‘Scandinavian Journal of Public Health’ pada 2013 lalu, melansir Popsugar, olahraga selama 30 menit lebih efektif menurunkan berat badan dibandingkan dengan olahraga satu jam setiap hari.

Penelitian membuktikan, orang yang berolahraga 30 menit rata-rata kehilangan 3,6 kilogram dalam tiga bulan. Sementara orang yang berolahraga satu jam hanya kehilangan 2,7 kilogram.

Hal ini karena olahraga selama 30 menit membuat Anda masih menyisakan energi untuk kegiatan fisik lainnya seperti naik tangga atau bersepeda.

Selain itu, Anda kemungkinan makan lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang berolahraga selama satu jam setiap hari. Jadi, aktivitas tambahan dan makan yang lebih sedikit itu membantu menurunkan berat badan dalam waktu lebih cepat.

Tidak hanya latihan di gym, Anda juga bisa memilih berlari. Seorang pelatih bersertifikat, Kelly Borowiec, mengatakan bahwa 30 menit setiap hari sudah cukup mengurangi kelebihan berat badan yang tak diinginkan.

Tak perlu setiap hari, tiga hingga empat kali seminggu pun sudah cukup. Namun, di luar hari lari, Anda bisa memilih olahraga lain seperti latihan kekuatan atau yoga.

“Ini akan membantu memperkuat otot yang Anda gunakan untuk berlari, seperti paha depan, paha belakang, dan glutes,” jelas Borowiec. “Ingatlah untuk menjadwalkan satu hari istirahat penuh per minggu untuk memungkinkan tubuhmu pulih.” ** Baca juga: Adakah Batas Waktu Makan Malam?

Hal yang terpenting adalah melakukannya secara konsisten. Jadi jangan malas rutin berolahraga, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru