oleh

Berapa Kali Idealnya Mencuci Muka Dalam Sehari?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Mencuci wajah sangat disarankan, terlebih setelah Anda beraktivitas seharian di luar rumah. Selain untuk menjaga kecantikan, juga untuk menghindari kuman atau bakteri merugikan yang menempel pada wajah.

Namun kegiatan membersihkan wajah dan aktivitas menggosok berlebihan, dikutip dari klikdokter, ternyata dapat memperburuk kondisi kulit.

Hal ini karena flora normal kulit yang sejatinya berfungsi untuk memberikan proteksi, juga akan hilang bersamaan dengan kelembaban di lapisan luar kulit yang terkikis dengan cairan pembersih tersebut.

Sekelompok peneliti dari Harvard Medical School melakukan penelitian pada sekelompok populasi yang mencuci wajah mereka selama dua minggu menggunakan pembersih ringan, dan membandingkannya dengan kelompok lain yang mencuci wajah sebanyak satu kali, dua kali, dan empat kali sehari selama enam minggu.

Di akhir penelitian, statistik tidak menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antar kelompok. Namun pada kelompok yang melakukan frekuensi membersihkan wajah sebanyak dua kali sehari menunjukkan adanya perbaikan pada kondisi komedo terbuka serta jumlah lesi non radang yang dimiliki sebelumnya.

Kondisi jerawat akan memburuk pada kelompok yang mencuci wajah satu kali sehari dengan peningkatan eritema, papula, dan jumlah lesi inflamasi yang cukup signifikan.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa rekomendasi mencuci muka dua kali sehari dengan pembersih ringan terbukti efektif dan nyaman.

Namun, mencuci wajah berlebihan mungkin tidak salah seperti yang diduga sebelumnya, terutama apabila Anda tergolong individu yang aktif dan sering berkeringat. ** Baca juga: Benarkah Sarapan dengan Pisang Kurang Dianjurkan?

Jadi, pastikan Anda memilih pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit, dan tidak bersifat iritatif.(ilj/bbs)

Berita Terbaru