oleh

Berapa Jumlah Kalori yang Hilang Saat Bercinta?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Aktivitas seks dapat membakar kalori karena melibatkan kerja otot dan hormon. Namun pernahkan Anda menghitung, berapa kira-kira kalori yang hilang selama pasangan suami istri bercinta?

Pada dasarnya, aktivitas seksual terbagi menjadi dua bagian yakni foreplay dan penetrasi. Dikutip Sehat Fresh, aktivitas foreplay seperti ciuman atau pelukan bertujuan untuk membangkitkan gairah seksual. Sedangkan penetrasi merupakan ‘menu utama’ sebelum akhirnya meraih orgasme.

Disebutkan, aktivitas seksual bisa membakar kalori seperti berlari sejauh lima kilometer. Tidak hanya itu, aktivitas seks pun dapat dimanfaatkan untuk melatih otot perut, paha, betis, dan lainnya apabila dilakukan dengan posisi yang benar.

Sebagai contoh, jika seseorang memiliki berat 70 kg melakukan penetrasi selama 15 menit, setidaknya akan membakar 72 kalori. Penetrasi selama lima menit membakar 24 kalori. Dan jika dilakukan selama 45 menit akan membakar 216 kalori.

Sama halnya, foreplay pun dapat membakar kalori walaupun dalam jumlah sedikit. Foreplay yang dilakukan selama 15 menit, akan membakar 25 kalori. Namun kalori yang terbakar saat foreplay lebih sedikit dibandingkan saat penetrasi.

Penelitian yang dipublikasikan Universitas Arizona, mengungkapkan bahwa rata-rata setiap pasangan membutuhkan waktu antara dua menit hingga satu jam untuk bercinta. ** Baca juga: Ketimbang Malam, Ini Keuntungan Bercinta Pada Pagi Hari

Salah satu manfaat aktivitas seksual adalah mampu menjaga kesehatan jantung. Oleh karena itu aktivitas seksual dapat dikatakan sebagai salah satu alternatif untuk menciptakan kesehatan tubuh. Syaratnya harus dilakukan dengan pasangan yang sah, dan bebas dari berbagai penyakit kelamin.(ilj/bbs)

Berita Terbaru