Berapa Banyak Kebutuhan Tubuh Akan Protein?

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Protein adalah zat nutrisi utama tubuh yang diperlukan untuk sebagian besar fungsi tubuh yang vital.

Disebutkan, protein penting untuk mempertahankan kekuatan dan keseimbangan otot yang sangat diperlukan dalam aktivitas Anda sehari-hari seperti berjalan, naik tangga dan lainnya. Protein juga menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan imunitas tubuh agar tidak sakit.

Jadi, berapa banyak protein yang Anda butuhkan? Wanita harus mendapat 46 gram protein per hari, dan pria membutuhkan 56 gram. Seseorang dengan kondisi gangguan ginjal mungkin membutuhkan protein lebih sedikit.

Mencukupkan kebutuhan protein Anda akan membuat Anda mengonsumsi kalori lebih sedikit. Dilansir Webmd, berikut adalah berbagai jenis makanan yang mengandung protein tinggi:

1. Daging merah
Daging sapi dan lembu merupakan jenis daging merah yang mengandung protein tinggi, tetapi juga dapat meningkatkan risiko peningkatan kolesterol dan sumbatan di pembuluh darah arteri.

Pilih daging yang bebas lemak. Makanlah daging merah dengan porsi yang wajar. Tiap tiga 3 ons daging merah mengandung 21 gram protein.

2. Daging unggas & telur
Pilihlah daging unggas seperti dada ayam tanpa kulit dan kalkun. Setiap tiga gram dada ayam mengandung 31 gram protein, lebih dari separuh protein yang Anda butuhkan setiap hari.

Peneliti mengatakan mengonsumsi sebutir telur setiap hari tidak akan meningkatkan kemungkinan penyakit jantung pada orang yang sehat.  Tetapi jika sudah mengalami peningkatan kolesterol, penyakit jantung atau diabetes, Anda harus mengurangi asupan kolesterol dan mengonsumsinya tidak lebih dari tiga butir telur dalam satu minggu.

3. Makanan laut
Selain sumber protein, makanan laut mengandung lemak jenuh yang sangat rendah dan kaya omega-3. Setiap tiga ons salmon steak mengandung 17 gram protein

4. Produk susu
Produk susu sangat baik untuk membangun kekuatan otot. Susu juga membantu menurunkan tekanan darah dan menurunkan terjadinya diabetes. Satu gelas susu skim mengandung 8 gram protein.

5. Kacang kedelai
Kacang kedelai memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk edamame, susu kedelai, dan miso. Satu gelas edamame masak mengandung 29 gram protein.

6. Sayur-sayuran & kacang-kacangan
Anda dapat memperoleh protein dari makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti sayuran dan kacang. Segelas kacang matang mengandung 9 gram protein, setengah potong kentang mengandung 4 gram protein.

7. Minuman protein
Sumber protein terbaik adalah dari makanan, tetapi jika Anda tidak dapat mencukupinya, dapat mencoba mengonsumsi bubuk protein, dan berbagai suplemen lainnya. ** Baca juga: Beberapa Hal dalam Makanan yang Dapat Pengaruhi Fungsi Ginjal Anda

Selamat mencoba.(ilj/bbs)