oleh

Bentrok dengan Pemilu 2019, Asian Games Dimajukan Setahun

Kabar6-Lantaran bentrok dengan agenda Pemilihan Umum (Pemilu) tingkat nasional pada 2019, Penyelenggearaan Asian Games XVIII di Indonesia dimajukan menjadi tahun 2018.

 

“Awalnya tahun 2019. Tapi karena berbarengan dengan Pemilu, jadwal pun diubah dan dimajukan menjadi tahun 2018,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo dalam Konferensi Pers di VIP Room Terminal 1 bandara Soekarno-Hatta, Minggu (21/9) sore.

 

Roy yang baru pulang dari Incheon, Korea Selatan, mengaku perubahan jadwal yang dimajukan setahun ini disepakati 42 dari 45 negara yang memiliki hak suara. Terlebih, alasan terkait bentrok dengan pemilu bisa diterima.

 

“Asian Games direncanakan digelar pada 2019. Alasannya karena adanya Olimpiade Musim Dingin di tahun 2018. Namun akhirnya negara-negara lain bisa sepakat dengan argumen kami,” kata dia. **Baca juga: Indonesia Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018

 

Selain perubahan jadwal, Surabaya juga akhirnya batal menjadi tuan rumah pesta olahraga tingkat asia ini. Bahkan, kata Roy, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo juga telah menyatakan keberatannya, ihwal menjadi tuan rumah.

 

“Alasannya, semenjak kalah bidding dari Vietnam, Surabaya sebenarnya akan menyiapkan diri untuk Asian Games 2022, sehingga jika harus menjadi tuan rumah empat tahun lebih cepat mereka mengaku angkat tangan,” pungkasnya. (ges)

Berita Terbaru