oleh

Benarkah Timbangan Jadi Satu-satunya Cara untuk Mengecek Berat Badan?

Kabar6-Memiliki timbangan sepertinya menjadi suatu keharusan, terutama bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Namun, benarkah timbangan menjadi satu-satunya cara untuk mengecek berat badan yang ideal?

Jika Anda ingin menurunkan berat badan hanya beberapa kilogram, sebaiknya memang menimbang berat badan setiap hari. “Itu akan memberi Anda gambaran secara reguler dan, seiring waktu, angka di timbangan dapat digunakan untuk merefleksikan kembali apa yang Anda makan sehari sebelumnya,” kata Joseph Colella, M.D., seorang ahli bedah bariatrik.

Namun jika Anda ingin menurunkan lebih banyak berat badan, melansir Health, menggunakan timbangan setiap hari justru tidak disarankan, karena berat badan bisa mengalami fluktuasi 0-2 kg setiap 1-2 hari, yang kemungkinan disebabkan kandungan air di dalam tubuh Anda. Jadi menurut Dr. Colella, untuk menghindari stres yang tidak perlu, lebih baik menimbang badan seminggu sekali dan awasi apa yang Anda makan.

Terlepas dari seberapa sering Anda menggunakan timbangan, seorang dokter untuk BodyLogicMD bernama Anita Petruzzelli, M.D., meminta Anda untuk bersikap konsisten. Dia menyarankan Anda menimbang diri dalam kondisi telanjang di pagi hari setelah ke kamar mandi dan pastikan untuk selalu menggunakan timbangan yang sama.

Selaian itu, Dr. Petruzzelli juga menyarankan Anda untuk mempertimbangkan metode pengecekan penurunan berat badan lainnya, terutama jika tujuan Anda lebih dari beberapa kilogram. Hal ini karena tidak semua perubahan positif dapat dicatat dengan skala timbangan.

Salah satunya adalah dengan memeriksa komposisi tubuh Anda secara teratur untuk dapat menentukan kandungan lemak, otot, dan air tubuh secara tepat. ** Baca juga: Melihat Foto atau Video Hewan Lucu Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan

Terakhir, melihat pakaian yang biasa Anda pakai sehari-hari juga dapat membantu. Menurut Dr. Petruzzelli, jika pakaian Anda masih pas di tubuh atau malah terlalu longgar, tetapi angka timbangan menunjukkan bahwa berat badan Anda bertambah, mungkin penyebabnya adalah penambahan otot yang bisa terjadi jika Anda berolahraga, yang seharusnya tidak perlu Anda khawatirkan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru