oleh

Benarkah Sebaiknya Hindari Makan Usai Olahraga?

Kabar6-Usai olahraga, banyak orang yang memilih tidak makan, terlebih jika sesi olahraga dilakukan pada malam hari. Alasannya, tidak mau olahraga yang dilakukan menjadi sia-sia.

Benarkah anggapan itu? Melansir Kompas, setelah olahraga berat badan turun itu bukan karena lemak berkurang tapi kita dehidrasi. Jadi, tidak ada hubungan antara penurunan berat badan dengan makan atau tidak makan setelah berolahraga. Faktor yang membuat berat badan turun adalah ketika seseorang melakukan olahraga secara konsisten dan mengatur pola makan. Olahraga dianjurkan setidaknya dua hari sekali atau seminggu tiga kali. Makan setelah olahraga pun tidak bermasalah untuk mengganti energi kita yang hilang setelah digunakan untuk berolahraga.

Hal yang harus diperhatikan, porsi dan jenis makanan setelah olahraga harus tetap seimbang. Dalam jangka waktu 45 menit setelah latihan, seseorang dianjurkan untuk mengonsumsi sesuatu yang kaya akan karbohidrat dan protein. Hal ini karena tubuh kita sedang sangat siap untuk mengolah dan menyerap makanan, sehingga ketika dikonsumsi setelah 45 menit, penyerapan makanan akan menjadi kurang maksimal.

Makanan yang mengandung anti-inflamasi atau anti-peradangan juga perlu dikonsumsi setelah berolahraga. Apalagi, tingkat peradangan seseorang yang berolahraga akan lebih tinggi daripada orang yang jarang berolahraga. ** Baca juga: Apa Saja Mitos yang Kurang Tepat Tentang Durian?

Lemak sehat dinilai efektif melawan peradangan. Beberapa makanan dengan lemak sehat antara lain kacang-kacangan, minyak zaitun, hingga alpukat. Namun perlu diingat konsumsi jenis lemak yang benar, dan hindari makanan siap saji. (ilj/bbs)

Berita Terbaru