oleh

Benarkah Pria yang Malas Gosok Gigi Punya Kemampuan Seks Buruk?

Kabar-Selain membersihkan gigi dan mulut dari sisa-sisa makanan serta mencegah timbulnya bau mulut, menggosok gigi ternyata memiliki peran lain, salah satunya adalah bisa mempengaruhi performa Anda saat di ranjang.

Benarkah demikian? Menurut penelitian, melansir Okezone, pria yang tidak menggosok gigi sebanyak dua hari sekali cenderung memiliki performa buruk di ranjang. Kurangnya kehigienisan mulut bisa memicu berbagai macam penyakit gusi, bahkan bisa meningkatkan risiko impotensi hampir tiga kali lipat. Lebih dari satu dari lima orang menderita penyakit gusi. Penyakit ini bisa menyebabkan gusi terluka dan berdarah serta mulut menjadi bau. Lalu jika penyakit ini tidak mendapat perawatan khusus, maka bisa menyebabkan gigi menjadi rusak bahkan sampai gigi copot.

Boffins dari Universitas Jinan di Tiongkok menganalisis hubungan antara kesehatan gigi dengan performa seksual dari 213,076 pria. Mereka menemukan bahwa para pria yang menderita penyakit gusi berpotensi 2,85 kali lebih mungkin menderita disfungsi ereksi.

Penyakit gusi dianggap dapat menurunkan kadar homon seks yaitu hormon testosteron dan bisa meningkatkan peradangan. Seperti impotensi, penyakit gusi juga berkaitan dengan fungsi pembuluh darah yang tidak berjalan dengan baik. “Kebersihan gigi harus menjadi perhatian bagi para dokter ketika menangani pasien yang menderita ED,” kata Dr Xincai Zhou, ketua peneliti.

Penyakit gusi disebabkan oleh penumpukan plak pada gigi. Oleh karena itu, cara terbaik menghindari penyakit gusi adalah dengan menjaga kebersihan gugu dan mulut.
“Kasus penyakit gusi ringan biasanya dapat ditangani dengan cara `menjaga dan mempertahankan kebersihan mulut,” demikian tulis website NHS.

Salah satu cara menjaga kebersihan mulut adalah dengan menggosok gigi sebanyak dua kali sehari dan melakukan flossing secara rutin. Anda juga harus memastikan datang dan melakukan regular dental check-up. ** Baca juga: 5 Hal yang Bisa Sebabkan Sembelit

Para perokok, pecandu minuman keras, penderita diabetes, dan orang-orang dengan tekanan darah tinggi juga memiliki kecenderungan terserang penyakit gusi dan impotensi. Hasil penelitian ini telah dipublikasikan di Journal of Sexual Medicine.(ilj/bbs)

Berita Terbaru