oleh

Benarkah Olahraga Sebelum Berangkat Kerja Malah Bikin Mengantuk?

Kabar6-Olahraga menjadi kegiatan ‘mahal’, khususnya bagi masyarakat perkotaan yang seringkali karena kesibukannya tidak memiliki waktu untuk berolahraga.

Padahal, kebutuhan olahraga dan aktivitas fisik sendiri sangat penting untuk kesehatan. Hal lain, banyak orang yang menganggap bahwa olahraga sebelum bekerja justru membuat lelah dan mengantuk.

Benarkah pendapat itu? Melansir Viva, olahraga sebelum berangkat kerja justru membuat sirkulasi darah lebih bagus dan stres jadi hilang, karena ‘adrenalinnya’ terpakai. Sebaliknya, bila adrenalin tidak terpakai, maka seseorang akan cenderung mudah stres.

Hal yang harus diperhatikan adalah pemilihan olahraga serta durasi yang tepat. Olahraga lari atau melakukan senam setiap hari selama 15-30 menit sebelum kerja dinilai cukup untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit tidak menular (PTM) seperti misalnya diabetes.

Hal ini penting karena PTM sendiri kini terjadi pada orang dengan usia yang lebih muda, termasuk para pekerja kantoran yang masih dalam usia produktif. ** Baca juga: Berdiri ‘Perpanjang’ Hidup Anda

Jangan malas untuk berolahraga, ya.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru