oleh

Benarkah Olahraga Justru Tingkatkan Berat Badan?

Kabar6-Untuk menurunkan berat badan, seseorang perlu membakar lebih banyak kalori dengan meningkatkan aktivitas fisik secara keseluruhan atau dengan berolahraga. Namun sebuah penelitian menunjukkan bahwa berolahraga dapat membantu menurunkan berat badan atau justru malah menyebabkan terjadinya peningkatan berat badan.

Pada penelitian ini, dilansir Womenshealthmag, para peneliti mengamati sekira 81 orang wanita berusia antara 23-37 tahun yang tidak aktif secara fisik dan tidak sedang berusaha untuk menurunkan berat badan. Para peneliti kemudian meminta para wanita ini untuk mengikuti suatu program olahraga selama 12 minggu.

Selama tiga kali dalam seminggu, para wanita ini diminta untuk berjalan kaki di atas treadmill selama 30 menit dengan kecepatan sedang hingga denyut jantung mereka pun meningkat hingga suatu batas tertentu, 70 persen dari batas VO2 maksimal.

Namun para peneliti juga meminta mereka untuk tidak mengubah pola makan dan makanan yang biasa mereka konsumsi selama penelitian berlangsung. Para peneliti kemudian mengukur berat badan semua peserta penelitian pada minggu keempat, kedelapan, dan ke-12.

Pada akhir penelitian, para peneliti menemukan bahwa tidak ada peserta penelitian yang mengalami penurunan berat badan yang cukup signifikan, namun sekira 68 persen peserta penelitian justru mengalami peningkatan berat badan.

Pada sekira 75 buah penelitian lainnya yang menganalisa ada tidaknya hubungan antara olahraga dan penurunan berat badan, para peneliti menemukan bahwa efek olahraga pada lemak dan berat badan seseorang dapat berbeda-beda.

Banyak di antara para peserta penelitian yang mengalami penurunan berat badan yang lebih sedikit daripada yang diperkirakan oleh para peneliti berdasarkan pada berapa banyak kalori yang telah terbakar selama mereka berolahraga.

Contohnya adalah pada salah satu penelitian, para peserta penelitian hanya mengalami penurunan berat badan sebanyak 30 persen dari jumlah yang diperkirakan oleh para peneliti.

Para peneliti menduga baik penurunan atau peningkatan berat badan yang dialami oleh para peserta penelitian ini mungkin disebabkan oleh mekanisme kompensasi, yaitu karena mereka telah membakar lebih banyak kalori saat berolahraga, maka mereka pun makan lebih banyak atau menjadi kurang aktif dibandingkan dengan saat mereka tidak berolahraga.

Meskipun demikian, para peneliti mengatakan bahwa selain baik bagi kesehatan seseorang secara keseluruhan, olahraga juga memiliki manfaat positif bagi orang yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan bila orang tersebut juga memperhatikan makanan apa yang dimakannya dan berapa banyak.

Baik penelitian ini maupun berbagai penelitian lainnya mengenai apa dampak olahraga pada berat tidak dapat membuktikan bahwa olahraga memang benar dapat menyebabkan terjadinya peningkatan berat badan. ** Baca juga: Konsumsi Sayuran Hijau & Ikan Bantu Jaga Kesehatan Mata

Para peneliti menemukan bahwa peningkatan berat badan terjadi karena para peserta makan lebih banyak daripada biasanya untuk kompensasi pengeluaran kalori saat berolahraga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru