oleh

Benarkah Olahraga Jalan Cepat Sambil Dengar Musik Lebih Banyak Bakar Kalori?

Kabar6-Olahraga jalan cepat sambil mendengarkan musik banyak dilakukan orang dengan alasan agar lebih semangat sekaligus membakar kalori lebih banyak. Definisi jalan cepat adalah berjalan sekira 100 langkah dalam kisaran waktu satu menit.

Namun benarkah mendengarkan musik sambil olahraga jalan cepat bisa bakar kalori lebih efektif? Uji coba yang dilakukan oleh BBC dan Marie Murphy, profesor olahraga dan kesehatan di Ulster University, mengungkapkan bahwa jalan cepat sambil mendengarkan musik memang lebih efektif membakar kalori.

Uji coba ini, melansir Okezone, diikuti oleh 24 orang relawan dengan rentang usia 25-65 tahun, yang kemudian secara acak dibagi menjadi dua kelompok. Sebelum memulai eksperimen, semua peserta dicek tekanan darahnya, level kolesterol, dan body fat-nya.

“Kabar baiknya, kami melihat perubahan positif di kedua grup. Tapi grup yang melakukan jalan cepat sambil mendengarkan musik memperlihatkan peningkatan lebih besar, ketimbang grup yang melakukan 100000 langkah dalam satu hari,” jelas Marie.

Pada kelompok 100 ribu langkah dalam satu hari, rata-rata penurunan di sektor body fat sekira 1,8 persen. Sedangkan grup jalan cepat berhasil menurunkan kadar lemak tubuhnya lebih besar, mencapai 2,4 persen. Begitu juga untuk tekanan darah, grup jalan cepat sambil mendengarkan musik juga berhasil menunjukkan hasil lebih besar.

Kemudian, satu kelompok diberikan alat pedometers dan ditugaskan untuk mencoba melakukan 100 ribu langkah dalam satu hari. Sementara satu grup lainnya, ditugaskan untuk olahraga jalan cepat selama 30 menit dalam satu hari, sambil mendengarkan musik nge-beat yang sudah dipilihkan sebelumnya, yakni lagu Dancing Queen oleh Abba atau Hips Don’t Lie yang dilantunkan oleh Shakira.

Eksperimen ini diketahui dilakukan masing-masing grup selama lima pekan, sebelum akhirnya kedua kelompok tersebut nantinya akan kembali diperiksa. ** Baca juga: Kendalikan Asupan Gula Saat Liburan Agar Terhindar dari Depresi

Hasilnya, profesor Marie mengatakan meski kedua kelompok masing-masing menunjukkan hasil yang positif. Tapi kelompok yang melakukan olahraga jalan cepat sambil mendengarkan lagu-lah yang menunjukkan peningkatan lebih besar.

Yuk, dicoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru