oleh

Benarkah Cukup Minum Bikin Badan Langsing?

Kabar6-Sejumlah ahli bahkan berpendapat, konsumsi air putih dalam jumlah memadai dapat membantu seseorang yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badannya. Berbagai penelitian juga menemukan, di antara banyak orang yang sedang berdiet, orang yang mengonsumsi paling banyak air putih mengalami penurunan berat badan paling banyak.

Berbagai penelitian ini menemukan, melansir dietadvice, mengonsumsi air sebelum makan dapat sangat membantu usaha seseorang untuk menurunkan berat badannya. Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada 2009, para peneliti menemukan bahwa orang dengan berat badan berlebih yang mengkonsumsi 500 ml air putih setengah jam sebelum makan akan mengalami penurunan berat badan yang lebih banyak dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi air putih sama sekali sebelum makan. Penelitian dengan hasil yang sama juga pernah dilakukan pada 2013 lalu.

Hal ini bukan karenan air putih memiliki suatu kandungan tertentu yang dapat membantu proses penurunan berat badan, namun kemampuannya untuk membuat Anda merasa kenyanglah yang mempengaruhi proses penurunan berat badan tersebut.

Selain itu, banyak orang salah mengira rasa haus sebagai rasa lapar. Jadi dengan mengonsumsi cukup air putih sepanjang hari dapat membantu Anda terhindar dari mengkonsumsi berbagai jenis makanan ekstra, yang tentu saja akan membuat berat badan Anda turun.

Alasan lain mengonsumsi air putih dapat membantu menurunkan berat badan adalah air putih merupakan satu-satunya minuman yang tidak mengandung kalori. Jadi, setiap kali lebih memilih air putih dibandingkan dengan jus buah segar atau es teh manis, maka Anda pun telah mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi. ** Baca juga: Tidak Asal Minum, Ada Aturan Konsumsi Kopi untuk Wanita

Selain itu, air juga memiliki manfaat positif bagi kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Intinya, air putih bukanlah suatu zat ajaib yang dapat langsung menurunkan berat badan Anda, tetapi memiliki peranan yang cukup penting dalam usaha Anda untuk menurunkan berat badan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru